Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Spathodea di Jakarta Selatan: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

Kompas.com - 10/09/2023, 20:36 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Mencari tempat santai atau melepas penat di kawasan Jakarta Selatan, kamu bisa coba datang ke Taman Spathodea.

Berlokasi di Jagakarsa, taman dengan luas 2,3 hektar ini ramai dikunjungi masyarakat berbagai usia.

“Paling banyak yang olahraga ya, ada juga yang duduk-duduk santai. Anak-anak bermain, ada yang piknik,” kata Pamdal Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan bernama Juan kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (10/9/2023).

Baca juga: Taman Bambu di Jakarta Timur, Asyik buat Nongkrong Bareng Teman

Menurut pria yang sudah ditempatkan di Taman Spathodea sejak 2018 ini, taman yang berlokasi di pinggir jalan tersebut paling sering dikunjungi masyarakat saat akhir pekan. Sebab, lokasinya juga terhubung dengan perumahan warga.

Dari pantauan Kompas.com di lapangan, selain sejuk, setiap sudut Taman Spathodea juga nampak bersih dan fasilitasnya cukup baik. Sehingga masyarakat betah berlama-lama.

Taman Spathodea di Jakarta Selatan

Jika tertarik untuk berkunjung ke sini, simak informasi yang sudah Kompas.com himpun berikut ini.

Lokasi dan jam buka Taman Spathodea

Lokasi Taman Spathodea tergolong mudah ditemukan, meskipun kamu baru pertama kali datang.

Taman Spathodea beralamat di Gg. Kriep No.13, RT.13/RW.5, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta.

Untuk menuju lokasi, pengunjung bisa menggunakan berbagai kendaraan baik pribadi maupun transportasi umum.

Taman Spathodea buka setiap hari Senin hingga Minggu, pukul 07.00-17.00 WIB. Sekitar pukul 17.00 WIB, petugas keamanan akan mulai memperingati pengunjung untuk keluar taman.

Baca juga: Nikmati Sore di Taman Bambu, Ruang Terbuka Gratis di Jakarta Timur

“Tapi biasanya jam 06.00 WIB pengunjung ada yang udah masuk buat olahraga. Sampai sekitar pukul 17.30 WIB bisa di dalam, sambil keluar menuju tempat parkir,” ujar petugas keamanan lainnya.

Fasilitas Taman Spathodea

Tidak hanya luas, fasilitas umum yang tersedia di Taman Spathodea cukup lengkap dan layak digunakan. Mulai dari depan, terdapat aneka jajanan dan lahan parkir yang cukup luas.

“Di dalam tidak ada pedagang. Nah kalau jajanan ini sebenarnya cuma ada hari Sabtu dan Minggu, hari biasa seharusnya tidak boleh jualan,” kata Juan.

 Fasilitas di Taman Spathodea di Jagakarsa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Fasilitas di Taman Spathodea di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Taman ini juga memiliki lintasan lari yang terawat, kolam ikan, pepohonan rindang, tempat bermain untuk anak, serta sejumlah tempat duduk yang nyaman.

Tersedia juga toilet umum dengan air bersih, tempat sampah, spot foto, dan uniknya terdapat lemari buku yang bisa dibaca secara bebas.

Baca juga: Cara dan Syarat Peminjaman Buku di Perpustakaan Jakarta, Jadi Anggota

Perpustakaan mini ini menyediakan berbagai macam buku, mulai dari komik, ensiklopedia, hingga majalah. Buku-buku tersebut gratis dibaca, asalnya dijaga dan dikembalikan pada tempatnya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com