Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Wisata Hiu Paus di Gorontalo, Bisa Diving dan Foto Bareng

Kompas.com - 10/09/2023, 22:03 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu tengah mencari wisata unik yang menantang adrenalin? Jika iya, maka wisata hius paus di Gorontalo bisa menjadi alternatif destinasi.

Sesuai namanya, pengunjung bisa menyaksikan hiu paus di kawasan wisata ini, bahkan bisa foto bareng spesies ikan ukuran besar ini.

Baca juga:

Ada sejumlah tempat di Gorontalo untuk menyaksikan hiu paus. Namun, tempat melihat hiu paus yang populer adalah Pantai Botubarani yang berada di Desa Botubarani, Kabila Bone, Kabupaten Bone Bolango, Gorontalo. 

Daya tarik wisata hiu paus di Pantai Botubarani adalah kemunculan hiu paus yang sangat dekat dari bibir pantai, yakni sekitar 25 meter. Jadi, wisatawan bisa menyaksikan kemunculan hiu paus dari atas perahu.

Selain itu, perairan Pantai Botubarani cukup jernih, sehingga hiu paus dapat terlihat jelas baik dari permukaan maupun dari dalam air

Selain itu, hiu paus muncul hampir sepanjang hari di pantai ini, sehingga wisatawan memiliki peluang besar untuk menyaksikan hewan tersebut. Sebelum berkunjung ke sana, simak dulu informasi aktivitas wisata hiu paus Gorontalo, harga tiket, dan waktu kunjungan terbaik. 

Aktivitas wisata hius paus Gorontalo

Anak-anak pantai Botubarani bermain dengan hiu paus atau whale shark di peraiaran belakang rumah mereka. Hiu paus merupakan satwa raksasa pengelana samudera banyak ditemukan kehadirannya di perairan Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango.KOMPAS.COM/ROSYID A AZHAR Anak-anak pantai Botubarani bermain dengan hiu paus atau whale shark di peraiaran belakang rumah mereka. Hiu paus merupakan satwa raksasa pengelana samudera banyak ditemukan kehadirannya di perairan Desa Botubarani Kabupaten Bone Bolango.

Ada tiga aktivitas wisata hiu paus di Pantai Botubarani, berdasarkan informasi dari website Jejaring Desa Wisata (Jadesta) Kemenparekraf. Pemilihan aktivitas wisata hius paus tersebut, berdasarkan kemampuan wisatawan.

Pertama, melihat hiu paus dari atas perahu. Dalam satu kapal, dapat diisi maksimal tiga orang wisatawan, serta ditemani satu pemandu.

Aktivitas wisata ini cocok bagi pengunjung yang tidak bisa berenang dan menyelam (diving) atau wisatawan yang tidak ingin basah saat berinteraksi dengan hiu paus. 

Kedua, snorkeling. Wisatawan akan mendapatkan perlengkapan snorkeling yaitu masker dan kaki katak. Saat snorkeling, wisatawan bisa melihat hiu paus yang selalu dekat permukaan laut.

Baca juga:

Ketiga, menyelam atau diving. Untuk melakukan diving, wisatwan harus memiliki sertifikat menyelam scuba atau menggunakan tabung.

Aktivitas wisata terakhir ini tentunya menawarkan sensasi yang berbeda, lantaran dapat menyaksikan hiu paus dari bawah air. Bahkan, wisatawan bisa berfoto bareng hiu paus, lho.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com