Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Menuju Taman Spathodea di Jakarta Selatan, Naik Angkutan Umum

Kompas.com - 11/09/2023, 06:33 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Ada banyak ruang terbuka hijau atau taman di Jakarta Selatan, salah satunya Taman Spathodea.

Taman yang berlokasi di Jagakarsa ini memiliki luas total 2,3 hektar dan fasilitas yang cukup lengkap. Salah satunya area parkir yang bisa menampung kendaraan roda dua maupun roda empat.

“Taman ini ada di pinggir jalan jadi mudah diakses, baik bawa kendaraan atau naik transportasi umum,” ujar Pamdal Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan bernama Juan kepada Kompas.com di lokasi, Minggu (10/9/2023).

Baca juga: Taman Spathodea di Jakarta Selatan: Lokasi, Jam Buka, dan Fasilitas

Namun, kata dia, saat akhir pekan pengunjung tidak disarankan membawa mobil karena area parkir sudah pasti penuh oleh kendaraan roda dua. Adapun taman ini buka setiap hari Senin hingga Minggu, pukul 07.00 sampai 17.00 WIB.

Jika tertarik berkunjung untuk bersantai atau olahraga di Taman Spathodea, berikut panduan naik transportasi umumnya.

Cara menuju Taman Spathodea

Taman Spathodea berlokasi di Gg. Kriep No.13, RT.13/RW.5, Kecamatan Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Ibukota Jakarta. Juan mengatakan, ada setidaknya dua opsi kendaraan yang tiba di depan Taman Spathodea.

“Yang lewat depan sini itu angkot M17 dan JakLingko,” kata Pamdal Suku Dinas Pertamanan dan Hutan Kota Jakarta Selatan, Juan, saat ditemui di lokasi, Minggu (10/9/2023).

Baca juga: Nikmati Sore di Taman Bambu, Ruang Terbuka Gratis di Jakarta Timur

Pengunjung bisa menaiki angkot M17 (Pasar Minggu-Lenteng Agung) atau JakLingko yaitu JAK.46 (Pasar Minggu-Jagakarsa) untuk berhenti di Taman Spathodea.

Bagi yang menaiki KRL Commuter Line, stasiun terdekat adalah Stasiun Lenteng Agung. Jaraknya dari taman adalah sekitar 5,2 km.

Fasilitas di Taman Spathodea di Jagakarsa, Jakarta Selatan. KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI Fasilitas di Taman Spathodea di Jagakarsa, Jakarta Selatan.

Dari Stasiun Lenteng Agung, kamu bisa lanjut naik ojek online dengan waktu tempuh 11-13 menit.

Bisa juga lanjut naik angkot M17 (Pasar Minggu-Lenteng Agung) atau JAK.44 (Stasiun Universitas Pancasila-Andara) dalam waktu 30 menitan. Lanjut lagi jalan kaki sekitar 600 meter untuk tiba di taman.

“Kalau halte TransJakarta yang terdekat itu Halte Ragunan,” kata Juan.

Baca juga: Panduan Lengkap Berkunjung ke Taman Bambu di Jakarta Timur

Dari Halte Ragunan, jaraknya sekitar 3,5 km ke Taman Spathodea. Selanjutnya, kamu bisa lanjut naik ojek online sekitar 8-10 menit.

Pilihan lainnya, lanjut naik M36 (Jagakarsa), JAK.44 (Andara-Stasiun Universitas Pancasila), atau M17 (Pasar Minggu-Lenteng Agung) untuk tiba di Taman Spathodea.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com