Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Wisata Alam di Makassar, Ada Pantai dan Pulau

Kompas.com - 16/09/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Makassar merupakan ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan sekaligus salah satu kota terbesar di Indonesia. Kota yang dulunya bernama Ujung Pandang ini, menghadap langsung ke Selat Makassar.

Dengan lokasinya itu, tidak heran jika Makassar mempunyai kekayaan wisata bahari. Selain pantai, ada beragam wisata alam di Makassar yang menawarkan panorama indah.

Baca juga:

Wisata alam di Makassar 

Kompas.com merangkum wisata alam di Makassar sebagai berikut:

1. Pantai Losari 

ILUSTRASI - Matahari terbenam di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto diambil pada tahun Desember 2009.Shutterstock/Andreawan Tarigan ILUSTRASI - Matahari terbenam di Pantai Losari, Makassar, Sulawesi Selatan. Foto diambil pada tahun Desember 2009.

Pantai Losari merupakan salah satu ikon Kota Makassar. Berkunjung ke Kota Makassar belum lengkap tanpa menyambangi pantai yang menjadi destinasi favorit warga setempat ini.

Daya tarik Pantai Losari adalah panorama sunset di Selat Makassar yang indah. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (31/1/2022), Pantai Losari mempunyai sejumlah spot wisata seperti Anjungan Pantai Losari, Fort Rotterdam, Pusat Perbelanjaan Somba Opu, kawasan kuliner, dan sebagainya.

Dari sekian banyak spot wisata tersebut, Anjungan Pantai Losari merupakan favorit wisatawan. Destinasi berupa ruang terbuka publik ini menawarkan pemandangan indah ke Selat Makassar, Masjid Terapung, Masjid 99 Kubah, dan sebagainya.

2. Pantai Akkarena 

Ilustrasi tempat bersantai di Pantai Akkarena, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.Dok. Shutterstock/tyasindayanti Ilustrasi tempat bersantai di Pantai Akkarena, Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pantai Akkarena menawarkan panorama yang tidak kalah menariknya dari Pantai Losari. Wisatawan bisa menikmati panorama sunset eksotis sembari bersantai di hamparan pasir atau di bangku-bangku yang tersedia, seperti dikutip dari Kompas.com (18/8/2023). 

Pantai yang buka pada 1998 ini, juga menawarkan fasilitas tempat makan, kafe, dan olahraga air. Beberapa olahraga air yang bisa dijajal, antara lain banana boat, jetski, bicycle water, dan pedal duck bike. 

Jika ingin berkunjung, lokasinya berada Jalan Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Pada hari biasa, harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

3. Pantai Tanjung Bayang 

Pantai populer di Makassar lainnya adalah Pantai Tanjung Bayang, yang berlokasi di Jalan Metro Tanjung Bunga, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. 

Ada beragam aktivitas wisata di Pantai Tanjung Bayang seperti naik wahana, hunting foto, atau sekadar santai di pinggir pantai. Berdasarkan informasi dari Tribun News Wiki, ada tongkrongan kekinian di Pantai Tanjung Bayang, yakni Zona Nyaman The Beachstone Cafe.

Kafe ini mengadopsi suasana kafe-kafe di Bali, sehingga menarik minat wisatawan. Jika ingin berkunjung ke Pantai Tanjung Bayang, wisatawan akan dikenai tiket masuk mulai dari Rp 10.000 per orang.

4. Pantai Bosowa 

Ilustrasi Pantai Indah Bosowa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.Dok. Shutterstock/Vitalia Oktaviana Ilustrasi Pantai Indah Bosowa di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

Pantai Bosowa Tanjung berlokasi di Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar. Salah satu daya tarik pantai ini adalah panorama sunset yang eksotis, seperti dikutip dari Kompas.com (17/8/2023)

Wisatawan bisa menikmati panorama sunset, sembari duduk santai di tepi pantai. Tidak hanya itu, ombak di pantai ini cukup tenang sehingga wisatawan bisa bermain air ataupun berenang. 

Pada hari biasa harga tiket masuknya mulai Rp 10.000, sedangkan pada akhir pekan harga tiket masuknya mulai Rp 15.000.

Baca juga:

5. Pantai Layar Putih 

Pantai ini masih berada dalam satu kawasan dengan Pantai Tanjung Bayang. Tepatnya di Kelurahan Tanjung Merdeka, Kota Makassar.

Pantai Layar Putih merupakan salah satu tempat favorit untuk menikmati panorama sunset di Selat Makassar. Ada sejumlah gazebo di pinggiran pantai yang tersedia bagi wisatawan.

Pengunjung tidak dipungut tiket masuk saat berkunjung ke Pantai Layar Putih. Namun, ada tarif retribusi parkir Rp 5.000 untuk motor dan Rp 10.000 untuk mobil.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com