Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Hari Pertama Bromo Buka Kembali, Dikunjungi 360 Wisatawan

Kompas.com - 19/09/2023, 17:06 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kawasan Gunung Bromo dikunjungi oleh 360 wisatawan pada hari pertama buka seusai sempat ditutup selama beberapa hari akibat kebakaran hutan dan lahan.

Dikutip dari Antara, dari angka tersebut, sebanyak 245 di antaranya merupakan wisatawan domestik dan sisanya adalah wisatawan mancanegara.

"Total ada 360 pengunjung pada hari pertama dibuka pascakebakaran," ujar Kepala Bagian Tata Usaha Balai Besar TNBTS Septi Eka Wardhani di Malang, Tuesday (19/9/2023).

Baca juga: Wisata Gunung Bromo Buka Lagi 19 September 2023, Pendakian Semeru Masih Tutup

Pascakebakaran hutan dan lahan, TNBTS mengingatkan agar wisatawan dan pelaku jasa wisata untuk mengikuti seluruh ketentuan yang berlaku untuk mencegah kejadian serupa terjadi kembali.

Pengunjung diimbau tidak membawa peralatan yang bisa memicu kebakaran hutan dan lahan seperti kembang api, petasan, suar, serta membuat api unggun atau perapian.

"Kami mengimbau kepada pengunjung untuk mengikuti aturan yang berlaku, terutama tidak melakukan aktivitas yang berpotensi menimbulkan kebakaran hutan dan lahan," katanya pula.

PNBP turun 40 persen

Kebakaran besar terjadi di kawasan Bromo pada Rabu (6/9/2023). Kebakaran dipicu suar atau flare yang dibawa pengunjung untuk kepentingan pengambilan gambar.

Kejadian itu menyebabkan kawasan Bromo terpaksa ditutup total akibat kebakaran hutan dan lahan sepanjang 6-18 September 2023.

Baca juga: Wisata Bromo Buka Lagi 19 September 2023, Ranu Regulo Bisa Dikunjungi

Kebakaran ini menyebabkan lahan seluas 504 hektar mengalami kerusakan, mayoritas adalah kawasan savana.

Dikutip dari Kompas.com, Senin (18/9/2023),  Adyatama Kepariwisataan dan Ekonomi Kreatif Ahli Utama Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Nia Niscaya mengatakan, penutupan Gunung Bromo akibat kebakaran berdampak kepada penurunan pendapatan negara hingga 40 persen.

"Dari kejadian ini diperkirakan terjadi penurunan sekitar 30 hingga 40 persen dari sisi Pendapatan Negara Bukan Pajak (PNBP) jika dibandingkan dengan PNBP di kawasan tersebut pada 2022," kata Nia. 

Baca juga: Cerita Pelaku Wisata Bromo Pasca-tutup Total, Sepi Pengunjung hingga Minta Reschedule

Adapun PNBP kawasan Gunung Bromo pada 2022 yakni mencapai Rp 11,65 miliar. Sementara itu, persentase penurunan PNBP diperkirakan terjadi karena terhentinya sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di kawasan tersebut.

@kompastravel Akibat bawa teman yang bisa foto, akhirnya bingung sendiri mau post foto yang mana. Ada yang kayak gini juga ga nih? Hahahaha #povtraveller #travelerdiary #travellife ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com