Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Festival Layang-layang Naga Lamongan 2023, Peserta dari Seluruh Jatim

Kompas.com - 27/09/2023, 10:54 WIB
Hamzah Arfah,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

LAMONGAN, KOMPAS.com - Gelaran festival layang-layang naga kembali diselenggarakan di Desa/Kecamatan Laren, Lamongan, Jawa Timur.

Ini merupakan penyelenggaraan kedua untuk festival ini dan diharapkan dapat rutin dilaksanakan setiap tahun dengan cakupan peserta lebih luas.

"Event layang-layang ini adalah yang kedua kali. Pertama setahun yang lalu kita selenggarakan di lapangan Desa Laren di Lapangan Centong, itu se-eks Karesidenan Bojonegoro, tahun ini kita se-Jawa Timur (pesertanya)," ujar Kepala Desa Laren Suyudi, dalam keterangan tertulis kepada awak media, Minggu (24/9/2023).

Baca juga:

Suyudi berharap, agenda yang sudah masuk dalam calendar event Lamongan tersebut diharapkan ke depannya dapat menyasar penghobi layangan yang lebih luas yakni, sepulau Jawa.

Terlebih, lanjut dia, pelaksanaan festival dianggap cukup berhasil menarik minat dan antusias masyarakat untuk menyaksikan pelaksanaan lomba.

"Mudah-mudahan tahun depan kita bisa se-Jawa, lebih tinggi lagi," ucap Suyudi.

Festival layang-layang naga di Desa/Kecamatan Laren, Lamongan, Jawa Timur.Dok. Pemkab Lamongan Festival layang-layang naga di Desa/Kecamatan Laren, Lamongan, Jawa Timur.

Bupati Lamongan Yuhronur Efendi yang hadir membuka pelaksanaan festival, mengapresiasi keberhasilan jajaran Pemerintah Desa Laren dan pihak yang terlibat dalam menyelenggarakan event festival layang-layang naga, yang kini telah ditetapkan menjadi event tahunan Kabupaten Lamongan.

Adapun festival tersebut diikuti berbagai peserta, dari beberapa klub layang-layang maupun individu. Memiliki ketentuan, layang-layang yang ikut diperlombakan harus berupa layangan naga dengan rangkaian tiga tali, tidak ada ketentuan tertentu terkait ukuran.

Baca juga:

Sementara aspek yang dinilai, mulai dari konstruksi, harmonisasi dan keselarasan warna layang-layang, tingkat kesulitan dan original karya, start terbang, komposisi warna, hingga posisi layang-layang saat diterbangkan.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com