Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mengenal Tradisi Barikan di Jawa Timur pada Malam 17 Agustus 

Kompas.com - 31/07/2023, 22:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Jika merayakan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI di Jawa Timur, kamu akan menjumpai warga berkumpul di malam 17 Agustus. Bukan sekadar perkumpulan warga, masyarakat Jawa Timur tengah melestarikan tradisi barikan.

Barikan merupakan tradisi turun temurun yang masih dilestarikan hingga saat ini. Jika warga Jawa Timur menggelar barikan untuk merayakan HUT kemerdekaan RI, maka sejumlah wilayah di Jawa Tengah menggelar barikan pada malam tahun baru Islam dan tahun baru Jawa.

Baca juga:

Sejumlah daerah di Jawa Timur yang masih melestarikan tradisi barikan antara lain Malang, Lumajang, Surabaya, Banyuwangi, dan sebagainya.

Lantas, apa itu barikan di Jawa Timur yang digelar pada HUT kemerdekaan RI? Simak ulasannya berikut ini.

Apa itu tradisi barikan 17 Agustus

Sebelum pandemi, masyarakat Kota Malang rutin menggelar tradisi Barikan pada malam Hari Kemerdekaan. Dok. Kemenparekraf Sebelum pandemi, masyarakat Kota Malang rutin menggelar tradisi Barikan pada malam Hari Kemerdekaan.

Tradisi barikan merupakan adat turun temurun di masyarakat Jawa Timur, seperti dikutip dari website Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Tradisi barikan digelar untuk memperingati HUT kemerdekaan RI setiap tahunnya.

Tradisi barikan tidak pernah ditinggalkan oleh warga Jawa Timur menjelang 17 Agustus. Semua warga berkumpul untuk menggelar tradisi barikan tersebut di tempat tinggalnya masing-masing. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com