Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Bersejarah di Surabaya yang Bisa Dikunjungi Saat 17 Agustus

Kompas.com - 31/07/2023, 20:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Surabaya merupakan salah satu kota di Indonesia yang mempunyai sejumlah tempat bersejarah.

Pada perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) kemerdekaan RI, kamu bisa mengunjungi tempat bersejarah di Surabaya tersebut untuk mengenang jasa para pahlawan dalam memperjuangkan dan mempertahankan kemerdekaan RI.

Tempat bersejarah di Surabaya berupa monumen, gedung, hotel, dan jembatan. Selain berwisata, pengunjung bisa mempelajari sejarah di tempat tersebut.

Tempat Bersejarah di Surabaya

Kompas.com merangkum tempat bersejarah di Surabaya sebagai berikut.

1. Monumen Tugu Pahlawan 

Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.shutterstock.com/Nadezda+Murmakova Monumen Tugu Pahlawan Surabaya.

Monumen Tugu Pahlawan adalah bangunan bersejarah yang menjadi salah satu ikon ibu kota Provinsi Jawa Timur ini. Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya.

Dalam peristiwa heroik itu, banyak pejuang arek-arek Surabaya yang gugur. Bangunan Tugu Pahlawan berlokasi di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya.

Pertempuran 10 November 1945 merupakan salah satu peristiwa terbesar dalam sejarah revolusi Indonesia, yang berlangsung selama tiga minggu, seperti dikutip dari laman Gramedia.com. Oleh sebab itu, Surabaya dijuluki sebagai Kota Pahlawan.

Baca juga:

2. Museum Sepuluh Nopember

Tempat wisata bernama Museum Sepuluh Nopember di Kota Surabaya, Jawa Timur. (https://bappeko.surabaya.go.id/).https://bappeko.surabaya.go.id/ Tempat wisata bernama Museum Sepuluh Nopember di Kota Surabaya, Jawa Timur. (https://bappeko.surabaya.go.id/).

Museum ini berada di dalam satu kawasan dengan Tugu Pahlawan Surabaya. Museum Sepuluh Nopember dibangun pada 10 November 1991 dan diresmikan pada 19 Februari 2000. 

Bentuk museum ini berupa limas atau piramida yang sekilas mirip dengan Museum Louvre di Paris, Perancis, seperti dikutip dari Kompas.com (8/11/2022). Uniknya, bangunan Museum Sepuluh Nopember seperti terpendam di dalam tanah hanya terlihat bagian atapnya saja.

Keberadaan museum seluas 1.366 meter persegi ini bertujuan untuk mendukung nilai historis Tugu Pahlawan. Museum Sepuluh Nopember dilengkapi berbagai koleksi sejarah terkait Pertempuran Surabaya, seperti suara pidato Bung Tomo, radio peninggalan Bung Tomo, senjata peninggalan perang, mobil Bung Tomo, dan benda bersejarah lainnya. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com