Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Tempat Wisata Dekat Kebun Raya Mangrove Surabaya

Kompas.com - 31/07/2023, 15:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kebun Raya Mangrove Surabaya adalah kebun raya mangrove pertama dan satu-satunya di Indonesia. Ada sejumlah wisata dekat Kebun Raya Mangrove Surabaya yang bisa menjadi alternatif kunjungan bagi wisatawan.

Memiliki area seluas 34 hektare, Kebun Raya Mangrove Sidoarjo mencakup tiga wilayah yakni Gunung Anyar seluas 11 hektare, Medokan Sawah 16 hektare, dan Wonorejo 7 hektare.

Baca juga:

Saat berkunjung ke hutan mangrove ini, wisatawan bisa menjumpai ribuan pohon mangrove dari 57 spesies. Selain mangrove, tersedia fasilitas wisata seperti jogging track sepanjang 360 meter, perahu, ATV, wahana sepeda air, menara pantau, restoran, dan beragam spot foto.

Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan kebun raya tematik mangrove yang pertama dan satu-satunya di Indonesia
Dok. https://dkpp.surabaya.go.id/ Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan kebun raya tematik mangrove yang pertama dan satu-satunya di Indonesia

Kebun raya mangrove yang baru diresmikan pada Rabu (26/7/2023) ini berada di  Jalan Wisata Mangrove Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. Kebun Raya Mangrove Surabaya buka setiap hari, mulai dari pukul 08.00 WIB hingga 16.00 WIB.

Wisata dekat Kebun Raya Mangrove Surabaya 

Kompas.com merangkum tempat wisata dekat Kebun Raya Mangrove Surabaya, sebagao berikut.

1. Kebun Bibit Wonorejo 

Kebun Bibit Wonorejo, SurabayaShutterstock/Nugroho Imam Kebun Bibit Wonorejo, Surabaya

Kebun Bibit Wonorejo merupakan area hijau yang berada di tengah kawasan perkotaan. Tepatnya di Jalan Raya Kendalsari Nomor 70, Wonorejo, Rungkut, Surabaya.

Dari Kebun Raya Mangrove Surabaya, wisatawan perlu menempuh jarak 6,6 kilometer (km) atau 17 menit berkendara. Kawasan hijau yang didirikan pada 2011 ini, awalnya digunakan sebagai tempat pembibitan tanaman untuk penghijauan Kota Surabaya, seperti dikutip dari Tribun News Wiki.

Selanjutnya, pemerintah Kota Surabaya melakukan revitalisasi sehingga fungsi Kebun Bibit Wonorejo menjadi obyek wisata. Sejumlah kegiatan wisata di lokasi ini antara lain jogging, main di mini zoo, berfoto, atau sekadar duduk santai di bawah pohon.

Baca juga:

2. Taman Kunang-kunang 

Taman Kunang-kunang di Kota SurabayaDok. https://bappedalitbang.surabaya.go.id/ Taman Kunang-kunang di Kota Surabaya

Kota Surabaya terkenal dengan banyak taman kota yang tertata rapi sebagai ruang publik. Salah satu taman di Kota Surabaya yang dekat dengan Kebun Raya Mangrove Surabaya adalah Taman Kunang-kunang.

Jaraknya sekitar 1,4 km atau skeitar 4 menit berkendara. Alamatnya berada di Jalan Penjaringan Nomor 22A, Penjaringan Sari, Kecamatan Rungkut, Surabaya.

Diberi nama Taman Kunang-kunang, lantaran terdapat miniatur kunang-kunang di taman ini. Taman yang diresmikan pada 2010 ini, memiliki fasilitas seperti area bermain anak, lapangan futsal dan basket, taman, bangku, dan lainnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com