Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Tiket Masuk dan Jam Buka Kebun Raya Mangrove Surabaya

Kompas.com - 30/07/2023, 17:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kebun Raya Mangrove Surabaya merupakan kebun raya mangrove pertama dan satu-satunya di Indonesia. Kawasan mangrove seluas 34 hektare ini berada di Jalan Wisata Mangrove Gunung Anyar Tambak, Kecamatan Gunung Anyar, Surabaya. 

Baca juga:

Kepala UPTD Kebun Raya Mangrove Surabaya Eva, mengatakan, Kebun Raya Mangrove Surabaya pertama kali digagas pada  2018, oleh Wali Kota Surabaya kala itu, Tri Rismaharini bersama dengan Megawati Soekarnoputri, sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia.

Kawasan mangrove di Gunung Anyar, lanjut Eva, kemudian dikembangkan dan diperluas melalui penanaman pohon-pohon baru.

“Rencana awalnya, mau diadakan di Wonorejo, tapi kemudian terkendala luasan lahan, karena di Wonorejo masih banyak lahan punya penduduk sehingga akhirnya direlokasi di wilayah Gunung Anyar,” jelasnya kepada Kompas.com, Minggu (30/7/2023).

Pengembangan Kebun Raya Mangrove Surabaya sempat terhenti selama dua tahun akibat Covid-19, hingga akhirnya berhasil diresmikan pada Rabu (26/7/2023) kemarin.

Peresmian dilakukan oleh Megawati Soekarnoputri, sebagai Ketua Yayasan Kebun Raya Indonesia (YKRI) sekaligus Presiden ke-5 RI. 

Presiden ke-5 Indonesia sekaligus Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya dengan menandatangani prasasti, Rabu (26/7/2023).DOK. DISKOMINFO SURABAYA Presiden ke-5 Indonesia sekaligus Dewan Pengarah Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) Megawati Soekarnoputri meresmikan Kebun Raya Mangrove Surabaya dengan menandatangani prasasti, Rabu (26/7/2023).

Total, ada sekitar 57 spesies mangrove yang berjumlah ribuan pohon di Kebun Raya Mangrove Surabaya.

“Jadi, kami mendaftarkan berbagai jenis mangrove kemudian diuji dari BRIN. Ada sekitar 57 spesies mangrove dan itu tepat semua, akhirnya kami dibimbing oleh BRIN untuk benar-benar layak disebut kebun raya tematik mangrove yang hanya ada satu di Indonesia,” papar Eva.

Selain mangrove, kawasan ini memiliki koleksi flora lainnya serta fauna, seperti 36 jenis burung, biawak, monyet ekor panjang, kucing mangrove, serangga, dan sebagainya.

Baca juga:

Selain fungsi konservasi, Kebun Raya Mangrove Surabaya menjadi salah satu destinasi pariwisata di Kota Pahlawan.

Sejumlah fasilitas wisata di Kebun Raya Mangrove Surabaya antara lain wisata edukasi mangrove, jogging track sepanjang 630 meter, menara pantau setinggi 12 meter, dan beragam spot foto Instagramable.

Wisatawan juga bisa berkeliling area hutan mangrove menggunakan perahu. Selain itu, tersedia fasilitas umum seperti warung makanan dan minuman, toilet, mushola, dan area parkir.

Sebelum berkunjung simak dulu informasi harga tiket dan jam buka Kebun Raya Mangrove Surabaya, berikut ini.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com