Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Tempat Wisata Dekat Tugu Pahlawan Surabaya, Ada yang Gratis

Kompas.com - 17/07/2023, 18:50 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tugu Pahlawan merupakan bangunan bersejarah yang menjadi ikon Kota Surabaya. Jika berkunjung ke monumen ini, ada banyak tempat wisata dekat Tugu Pahlawan Surabaya yang bisa kamu datangi.

Tugu Pahlawan dibangun untuk memperingati peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya. Dalam peristiwa heroik itu, banyak pejuang arek-arek Surabaya yang gugur.

Baca juga:

Lokasi Tugu Pahlawan Surabaya sangat strategis berada di pusat kota. Tepatnya di Jalan Pahlawan, Alun-alun Contong, Bubutan, Kota Surabaya.

Tempat wisata dekat Tugu Pahlawan Surabaya

Berikut tempat wisata dekat Tugu Pahlawan Surabaya seperti dihimpun Kompas.com. Beberapa diantaranya bisa dijangkau dengan jalan kaki dan gratis. 

1. Museum Sepuluh Nopember 

Bangunan Museum Sepuluh Nopember di kawasan Tugu Pahlawan, Kota SurabayaDok. https://bappedalitbang.surabaya.go.id Bangunan Museum Sepuluh Nopember di kawasan Tugu Pahlawan, Kota Surabaya

Museum ini berada di dalam satu kawasan dengan Tugu Pahlawan Surabaya. Museum Sepuluh Nopember  dibangun pada 10 November 1991 dan diresmikan pada 19 Februari 2000. 

Bentuk museum ini berupa limas atau piramida yang sekilas mirip dengan Museum Louvre di Paris, Perancis, seperti dikutip dari Kompas.com (8/11/2022). Uniknya, bangunan Museum Sepuluh Nopember seperti terpendam di dalam tanah hanya terlihat bagian atapnya saja

Ternyata, hal ini bertujuan agar kehadiran museum tidak menganggu struktur Tugu Pahlawan yang ikonik.

Keberadaan museum seluas 1.366 meter persegi ini bertujuan untuk mendukung nilai historis Tugu Pahlawan. Museum Sepuluh Nopember dilengkapi berbagai koleksi sejarah terkait Pertempuran Surabaya, seperti suara pidato Bung Tomo, radio peninggalan Bung Tomo, senjata peninggalan perang, mobil Bung Tomo, dan benda bersejarah lainnya. 

2. Taman Ekspresi dan Perpustakaan 

Taman Ekspresi dan Perpustakaan, Kota SurabayaDok. https://bappedalitbang.surabaya.go.id Taman Ekspresi dan Perpustakaan, Kota Surabaya

Kota Surabaya terkenal dengan banyak taman kota indah yang tertata rapi. Salah satunya adalah Taman Ekspresi dan Perpustakaan.

Taman ini hanya berjarak 2,6 kilometer (km) dari Tugu Pahlawan, atau sekitar 6 menit berkendara. Alamatnya berada di Jalan Genteng Kali Nomor 67, Genteng, Kota Surabaya.

Lokasi taman tepat berada di tepi Sungai Kalimas, sehingga memberikan sensasi unik bagi pengunjung. Terdapat berbagai karya seni tiga dimensi yang dipasang di Taman Ekspresi dan Perpustakaan.

Taman ini diresmikan pada 7 Mei 2011 oleh Walikota Surabaya kala itu, Tri Rismaharini. Taman Ekspresi dan Perpustakaan bisa menjadi pilihan wisata gratis di Surabaya.

3. Taman Prestasi

Wisata Perahu Kalimas Surabaya yang melewati rute Monumen Kapal Selam - Taman PrestasiDok. https://tiketwisata.surabaya.go.id/ Wisata Perahu Kalimas Surabaya yang melewati rute Monumen Kapal Selam - Taman Prestasi

Taman Prestasi adalah salah satu taman populer di Kota Surabaya. Lokasinya berada di Jalan Ketabang Kali No. 6, Kecamatan Genteng, Kota Surabaya. 

Jaraknya dari Tugu Pahlawan hanya sekitar 3,2 km atau 7 menit berkendara. Taman seluas 6.000 meter persegi ini, dilengkapi fasilitas seperti area bermain, wifi gratis, panggung terbuka, dan panggung teater.

Pengunjung bisa menjajal Wisata Perahu Kalimas dengan rute sepanjang Taman Prestasi sampai Taman Ekspresi. Namun, jika hanya ingin berkunjung ke Taman Prestasi, tidak dipungut biaya alias gratis.

Baca juga:

4. Alun-alun Surabaya


Gedung Balai Pemuda di Alun-alun SurabayaShutterstock/Sony Herdiana Gedung Balai Pemuda di Alun-alun Surabaya

Alun-alun Surabaya sempat viral di media sosial hingga dipadati pengunjung. Warga Surabaya mendatangi area basement Alun-alun Surabaya atau populer dengan alun-alun bawah tanah.

Ada berbagai kegiatan yang bisa dilakukan saat berkunjung ke Alun-alun Surabaya. Mulai dari hunting foto Instagramable, menonton pertunjukan seni, belanja produk UMKM, bermain skateboard, mengunjungi bangunan bersejarah, dan sebagainya.

Pengunjung juga bisa mendatangi area outdoor Alun-alun Surabaya dan menjelajahi tempat wisata sejarah di dekatnya, salah satunya Gedung Balai Pemuda. Lokasi Alun-alun Surabaya dari Tugu Pahlawan hanya berjarak 2,4 km atau 6 menit berkendara.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com