Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Okupansi Hotel di Kota Malang Meningkat Meski Bromo Sempat Ditutup

Kompas.com - 26/09/2023, 21:11 WIB
Nugraha Perdana,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi


MALANG, KOMPAS.com - Pengusaha hotel di Kota Malang, Jawa Timur, mencatat adanya kenaikan tingkat okupansi dan lama menginap para tamu. Hal itu diduga merupakan dampak penutupan kawasan wisata Gunung Bromo beberapa waktu lalu.

Ketua Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Malang, Agoes Basoeki mengatakan, para manajemen hotel harus memutar otak ketika Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru (BB TNBTS) menutup empat pintu masuk ke Gunung Bromo akibat kebakaran hutan dan lahan (karhutla).

Baca juga:

Hal itu juga guna mengantisipasi kerugian lantaran seharusnya saat akhir pekan tamu yang menginap di Kota Malang meningkat.

Mereka juga sempat terpuruk ketika BBTNBTS menutup empat pintu masuk tersebut.

Foto udara kondisi lahan pasca kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/9/2023). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memastikan bahwa kebakaran yang terjadi sejak Rabu (6/9) di kawasan hutan dan lahan Gunung Bromo telah berhasil dipadamkan, diperkirakan luas area yang terbakar mencapai 500 hektare. ANTARA FOTO/Muhammad Mada/wsj. Foto udara kondisi lahan pasca kebakaran di kawasan Gunung Bromo, Probolinggo, Jawa Timur, Jumat (15/9/2023). Balai Besar Taman Nasional Bromo Tengger Semeru memastikan bahwa kebakaran yang terjadi sejak Rabu (6/9) di kawasan hutan dan lahan Gunung Bromo telah berhasil dipadamkan, diperkirakan luas area yang terbakar mencapai 500 hektare. ANTARA FOTO/Muhammad Mada/wsj.

Jumlah tamu yang ada pun menurun drastis akibat penutupan Gunung Bromo hingga batas waktu tidak ditentukan, pada saat itu.

"Kemarin kita sempat mengalami penurunan jumlah tamu akibat Gunung Bromo ditutup. Tapi sekarang sudah mulai normal kembali," kata Agoes pada Selasa (26/9/2023).

Baca juga:

Kemudian, para pengusaha hotel bekerja sama dengan pihak travel mengajak wisatawan beralih liburan ke Kota Batu dan Kabupaten Malang, keduanya masih di Jawa Timur.

"Memang kita mengarahkan wisatawan agar memilih destinasi wisata di Kota Batu. Tapi mereka juga tertarik ke Kayutangan dan candi-candi di Kabupaten Malang," katanya.

Kondisi itu berdampak positif dan tingkat okupansi hotel-hotel di Kota Malang mulai kembali normal.

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com