Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

3 Tips Ikut Tur Wisata ke Kampung Tugu, Datang Saat Acara Besar

Kompas.com - 01/10/2023, 09:25 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com -  Ikut wisata tur jalan kaki bisa jadi salah satu pilihan untuk kamu yang hendak jalan-jalan dan berkenalan dengan teman baru.

Ada beberapa agen tur wisata jalan kaki di Jakarta yang kerap melaksanakan tur ini. Beberapa di antaranya berbayar, lalu ada yang menggunakan sistem bayar seikhlasnya, dan ada juga tur wisata gratis.

Tur wisata gratis ini biasanya bisa didapatkan dari undian keberuntungan atau kerap disebut give away.

Rute tur jalan kaki yang disediakan pun beragam, tapi jika kamu hendak memilih rute wisata ke Kampung Portugis, Kompas.com menyarankan untuk memperhatikan tips berikut sebelum datang ke lokasi.

Baca juga:

Tips ikut tur wisata ke Kampung Portugis

1. Naik transportasi umum

Kondisi jalanan di kawasan Kampung Portugis, atau jalanan kawasan Cilincing pada umumnya kerap didominasi oleh kendaraan berukuran besar. 

Maka dari itu, Kompas.com menyarankan untuk datang ke lokasi menggunakan transportasi umum atau transporasi online dibanding datang dengan mengendarai kendaraan pribadi.

Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/9/2023).Kompas.com/Suci Wulandari Putri Stasiun Tanjung Priok, Jakarta Utara, Rabu (27/9/2023).

Kamu bisa naik KRL Commuter Line ke Stasiun Tanjung Priok, kemudian melanjutkan perjalanan ke lokasi dengan transportasi online demi keselamatan di jalan raya.

Jika tarif transportasi online dirasa terlalu mahal, kamu bisa mengajak sesama peserta tur untuk berangkat bersama dari stasiun dan membayar tarif sewa bersama.

Baca juga: Menelusuri Sejarah Hadirnya Orang Portugis di Kampung Tugu

2. Pakai masker dan pelindung kepala

Tidak dapat dipungkiri bahwa udara di kawasan Cilincing terasa cukup panas, ditambah debu di jalanan yang beterbangan setiap kendaraan berukuran besar lalu lalang.

Maka dari itu, sebaiknya kenakan lah masker untuk melindungi wajah dan pernafasa, serta gunakan penutup kepala seperti payung ataupun topi.

Baca juga:

@kompastravel Lapangan Banteng lagi dipenuhi bunga-bunga cantik nih guys sampai tanggal 16 Oktober 2023! Mampir yuk, buat lihat-lihat ragam jenis bunga sekalian belanja tanaman di sana! Tunggu full review-nya ya.. #lapanganbanteng #jakartahits #explorejakarta #flona2023 #jakartaexhibition ? original sound - Travel Kompascom

 

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com