Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Festival Kopi Road to Max Havelaar Naik KRL dan TransJakarta

Kompas.com - 06/10/2023, 14:02 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Jauh sebelum kopi menjadi salah satu komponen penting di kehidupan sosial seperti saat ini, dahulu kopi merupakan hal yang meninggalkan jejak menyakitkan bagi bangsa Indonesia.

Pasalnya, praktik tanam paksa di Indonesia, khususnya di Banten, terjadi karena kopi. 

"Tanam paksa dulu terjadi di Indonesia karena kopi, dan meninggakan jejak bagi masyarakat Indonesia, seperti halnya di Banten," kata Direktur Jenderal Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) Hilmar Farid di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Baca juga: Festival Kopi Road To Max Havelaar Digelar di Bentara Budaya Jakarta

Perjalanan panjang kopi di Indonesia kini disublimasi menjadi sesuatu yang menyenangkan, ini dapat dilihat melalui pameran seni, seminar, dan bazar pada acara Festival Kopi Road to Max Havelaar.

Festival Kopi Road to Max Havelaar ini dilaksanakan di Bentara Budaya Jakarta, Jalan Palmerah Selatan Nomor 17, Gelora, Kecamatan Tanah Abang, Jakarta pusat.

Acara ini digelar sampai Minggu (8/10/2023) dan teruka gratis untuk umum. Jika hendak datang ke lokasi, pengunjung bia naik transportasi umum KRL Commuter Line ataupun TransJakarta.

Panduan ke Festival Kopi Road to Max Havelaar

Berikut ini Kompas.com rangkum cara menuju Festival Kopi Road to Max Havelaar naik KRL dan TransJakarta:

Cara ke Festival Kopi Road to Max Havelaar naik KRL

Stasiun KRL terdekat dari Festival Kopi Road to Max Havelaar yaitu Stasiun Palmerah. Jarak kedua lokasi ini sekitar 450 meter dan dapat ditempuh dengan jalan kaki sekitar 10 menit.

Jika pengunjung datang dari arah Depok dan Bogor, bisa naik KRL tujuan Stasiun Jakarta Kota dan turun di Stasin Manggarai. Sebaliknya, jika datang dari arah Jakarta Kota bisa naik KRL tujuan Bogor dan turun di Stasiun Manggarai

Di Stasiun Manggarai bisa transit ke peron 6 atau 7 dan naik kereta menuju Stasiun Tanah Abang. Sementara pengunjung yang datang dari arah Cikarang, bisa naik KRL langsung ke Stasiun Tanah Abang.

Pembukaan pameran Max Havelaar di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (5/10/2023).Kompas.com/ Suci Wulandari Putri Pembukaan pameran Max Havelaar di Bentara Budaya Jakarta, Kamis (5/10/2023).

Di Stasiun Tanah Abang transit kembali di peron 5 atau 6 dan naik KRL tujuan Parung Panjang ataupun Rangkasbitung. Stasiun Palmerah merupakan stasiun pemberhentian pertama setelah kereta berangkat dari Stasiun Tanah Abang.

Sedangkan pengunjung yang datang dari arah Tangerang Selatan, bisa naik KRL tujuan Stasiun Tanah Abang, lalu turun di Stasiun Palmerah.

Baca juga:

Setelah turun di Stasiun Palmerah, pengunjung bisa ambil arah kanan setelah keluar dari stasiun. Lanjutkan perjalanan dengan jalan kaki menuju Menara Kompas, lokasi Festival Kopi Road to Max Havelaar berada tepat di sebelah Menara Kompas.

Halaman Berikutnya
Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com