Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Museum Seni Rupa dan Keramik di Kota Tua Jakarta Tutup sampai 25 Desember 2023

Kompas.com - 07/10/2023, 10:30 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Museum Seni Rupa dan Keramik yang berlokasi di kawasan Kota Tua, Jakarta Barat, akan ditutup sementara untuk pemeliharaan, mulai 9 Oktober sampai 25 Desember 2023. 

Kepala Unit Pengelola Museum Seni, Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta Sri Kusumawati membenarkan hal tersebut. 

"Kami tutup untuk perbaikan. Karena perbaikan utama yang dilakukan adalah di bagian atap dan ada juga bagian-bagian bangunan lain yang mengalami kerusakan, maka terpaksa harus tutup pelayanan pengunjung," kata Ati saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (7/9/2023).

Baca juga: 8 Wisata Kota Tua di Indonesia, Tak Cuma di Jakarta 

Sebagai informasi, Museum Seni Rupa dan Keramik berada di bawah pengelolaan UP Museum Seni, bersama dengan dua unit lainnya yaitu Museum Wayang serta Museum Tekstil. 

Mengingat durasi penutupan yang cukup panjang, Ati mengatakan bahwa cukup banyak bagian yang dipelihara. Termasuk bagian atap, plafon, dinding, kusen pintu jendela, lantai, hingga toilet. 

Lokasi dan jam buka Museum Seni Rupa dan Keramik

Jika ingin berkunjung sebelum Museum Seni Rupa dan Keramik ditutup, kamu bisa segera datang karena tersisa dua hari lagi, hari Sabtu dan Minggu, tanggal 7 dan 8 Oktober 2023. 

Adapun jam buka Museum Seni Rupa dan Keramik adalah setiap Selasa-Minggu dan Hari Libur Nasional, setiap pukul 09.00-15.00 WIB. 

Salah satuarea di Museum Seni Rupa dan KeramikMuseum Seni Rupa dan Keramik Salah satuarea di Museum Seni Rupa dan Keramik

"Setiap hari Senin tutup," kata Ati. 

Museum ini berlokasi di Jalan Pos Kota No. 2 RT. 9/RW.7, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Kota Jakarta Barat, DKI Jakarta. Masih satu kawasan dengan Kota Tua. 

Baca juga: 9 Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari, Bisa Kulineran

Kendati ditutup sementara, bagi pengunjung yang telah membuat karya pottery (tembikar atau gerabah dari tanah liat) sebelumnya, masih bisa mengambil karya yang telah selesai di Museum Seni Rupa dan Keramik. 

"Bisa (diambil meski tutup). Datang saja ke museum ya," ujar Ati. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com