Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

13 Tempat Wisata Kota Tua Jakarta yang Sarat Sejarah   

Kompas.com - 26/09/2023, 19:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Wisata Kota Tua merupakan salah satu destinasi populer di Jakarta. Sembari berekreasi, wisatawan bisa mengenal sejarah Jakarta yang kala itu masih bernama Batavia.

Ada beragam tempat wisata yang bisa dijumpai di kawasan Kota Tua Jakarta. Mayoritas, memiliki bangunan bergaya kolonial yang sarat akan nilai sejarah.

Baca juga:

Kawasan wisata Kota Tua Jakarta masuk wilayah Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat. Wisatawan yang ingin berkunjung ke Kota Tua Jakarta bisa memilih transportasi umum seperti KRL dan Transjakarta.

Tempat wisata Kota Tua Jakarta 

Kompas.com merangkum tempat wisata Kota Tua Jakarta, sebagai berikut:

1. Museum Fatahillah 

Museum Fatahillah: Pada pemerintahan VOC merupakan balai kota Bataviashutterstock.com Museum Fatahillah: Pada pemerintahan VOC merupakan balai kota Batavia

Museum Fatahillah adalah ikon wisata Kota Tua Jakarta yang sangat familiar di kalangan wisatawan. Lokasinya berada di tengah kawasan Kota Tua, tepatnya di depan lapangan Kota Tua Jakarta. 

Nama resmi Museum Fatahillah adalah Museum Sejarah Jakarta, seperti dikutip dari Kompas.com (15/6/2021). Museum yang dulunya berfungsi sebagai gedung Balaikota Batavia ini, memiliki koleksi benda-benda mengenai sejarah perkembangan DKI Jakarta. 

Meliputi, replika peninggalan masa Tarumanega dan Pajajaran, hasil penggalian arkeologi di DKI Jakarta, mebel antik, gerabah, batu prasasti, dan lainnya. Museum Fatahillah dapat dikunjungi setiap hari, kecuali Senin, mulai pukul 09.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Berdasarkan informasi dari laman Instagram Museum Kesejarahan Jakarta, harga tiket masuk Museum Fatahillah sebesar Rp 5.000 untuk dewasa. Sedangkan, harga tiket masuk anak-anak sebesar Rp 2.000 dan mahasiswa Rp 3.000.

2. Taman Fatahillah

Tepat di depan museum, terdapat Taman Fatahillah yang merupakan salah satu ikon kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Ada beragam aktivitas yang dapat dilakukan pengunjung di area taman ini.

Jangan lewatkan untuk menjajal sepeda ontel untuk mengelilingi kawasan wisata Kota Tua Jakarta. Pengunjung bisa berfoto dengan kostum ala noni Belanda sambil naik sepeda ontel tersebut.

Pengunjung juga bisa menjumpai pelaku seni yang menyajikan atraksi menarik dan unik di Taman Fatahillah. Lokasi taman ini menjadi salah satu spot foto favorit pengunjung dengan latar belakang bangunan Museum Fatahillah. 

Baca juga:

3. Museum Bank Indonesia  

Halaman Depan Museum Bank IndonesiaMuseum Bank Indonesia Halaman Depan Museum Bank Indonesia

Jika wisatawan ingin mengetahui sejarah uang rupiah, maka berkunjunglah ke Museum Bank Indonesia. Melansir situs resminya, bangunan Museum Bank Indonesia dulunya digunakan oleh De Javasche Bank, yang merupakan cikal bakal Bank Indonesia.

Kini, bangunan museum telah ditetapkan sebagai cagar budaya.Museum Bank Indonesia pertama kali dibuka untuk umum pada 15 Desember 2006 oleh Gubernur Bank Indonesia, Burhanuddin Abdullah. 

Beberapa koleksi di Museum Bank Indonesia antara lain, koleksi uang kerajaan di Nusantara, perkembangan uang dari masa kolonial hingga sekarang, miniatur Vereenigde Oost-Indische Compagnie (VOC), atau kongsi dagang milik Belanda, transformasi logo Bank Indonesia, dan sebagainya. 

Jadwal buka Museum Bank Indonesia adalah Selasa hingga Minggu, mulai pukul 08.00 WIB hingga 15.30 WIB. Sementara, Museum Bank Indonesia tutup pada Senin dan libur nasional.

Harga tiket Museum Bank Indonesia yakni Rp 5.000 per orang. Sementara, pelajar, mahasiswa, pengunjung rombongan yang sudah mendapatkan konfirmasi, pegawai BI, dan anak di bawah tiga tahun, tidak dipungut biaya, alias gratis.

4. Museum Bank Mandiri

Tidak jauh dari lokasi Museum Bank Indonesia, pengunjung dapat menemukan Museum Bank Mandiri.  Mengutip dari laman Dinas Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta, bangunan Museum Bank Mandiri dulunya milik perusahaan swasta Belanda yakni Factorij Batavia.

Koleksi Museum Bank Mandiri berupa  perlengkapan operasional bank, surat berharga, mata uang kuno (numismatik), brankas, dan lain-lain. Gedung museum masih mempertahankan bentuk aslinya yang identik dengan zaman kolonial Belanda. 

Harga tiket masuk Museum Bank Mandiri adalah Rp5.000 untuk umum. Sedangkan, pelajar, mahasiswa, dan anak di bawah usia tiga tahun tidak dipungut biaya alias gratis.

5. Museum Wayang 

Di antara koleksi Museum Wayang di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara. Gambar diambil pada Minggu (19/6/2011). KOMPAS/IWAN SETIAWAN Di antara koleksi Museum Wayang di kawasan Kota Tua, Jakarta Utara. Gambar diambil pada Minggu (19/6/2011).

Museum Wayang memiliki koleksi lebih dari 4.000 buah wayang dari seluruh Tanah Air. Mulai dari wayang kulit, wayang golek, wayang kardus, wayang rumput, wayang janur, topeng, boneka, wayang beber, dan gamelan.

Mengutip Kompas.com (19/3/2022), museum ini juga memamerkan koleksi boneka asal mancanegara, seperti boneka Inggris, Rusia, Thailand, dan sebagainya.  Terdapat makam Jan Pieterszoon Coen, Gubernur-Jendral Hindia-Belanda keempat dan keenam pada lantai satu museum.

Museum yang dulunya berfungsi sebagai gereja ini, berlokasi di Jalan Pintu Besar Utara Nomor 27, Pinangsia, Kota Tua, Jakarta Barat.  Harga tiket masuk Museum Wayang adalah  Rp 5.000 untuk umum, Rp 3.000 pelajar, dan Rp 2.000 untuk anak-anak.

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com