Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

9 Wisata Kota Tua Jakarta Malam Hari, Bisa Kulineran

Kompas.com - 27/09/2023, 10:52 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Apakah kamu tengah mencari wisata malam di Jakarta? Jika iya, maka wisata Kota Tua malam hari bisa menjadi alternatif.

Berkunjung ke Kota Tua Jakarta di malam hari memberikan sensasi yang berbeda. Selain cuaca yang tidak terik, bangunan-bangunan kuno di sana, memberikan kesan yang lebih magis dan eksotis di balik sorotan lampu.

Baca juga:

Daya tarik wisata Kota Tua Jakarta adalah keberadaan bangunan-bangunan kuno bergaya kolonial yang sekarang menjadi museum. Sebut saja. Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, Jembatan Kota Intan, Pelabuhan Sunda Kelapa, Menara Syahbandar, dan sebagainya. 

Jam berapa Kota Tua Jakarta tutup? 

Jika ingin berkunjung ke Kota Tua Jakarta malam hari, wisatawan perlu mengetahui jam tutup Kota Tua Jakarta.

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (9/8/2023), kawasan wisata Kota Tua buka setiap hari. Jam buka Kota Tua Jakarta mulai dari pukul 08.00 WIB sampai dengan 21.00 WIB.

Jadi, obyek wisata andalan Jakarta ini, tidak beroperasi selama 24 jam. Jika wisatawan berasal dari daerah yang lokasinya cukup jauh, perlu mempertimbangkan akses transportasi umum.

Wisata Kota Tua Jakarta malam hari 

Kompas.com merangkum wisata malam Kota Tua Jakarta, sebagai berikut. Sebagai catatan, tidak semua destinasi wisata di kawasan Kota Tua Jakarta buka hingga malam hari.

1. Taman Fatahillah 

Museum Fatahillah, Taman Fatahillah, dan kawasan Kota Tua Jakarta di malam hariShutterstock/Novia Riani Museum Fatahillah, Taman Fatahillah, dan kawasan Kota Tua Jakarta di malam hari

Taman Fatahillah tepat berada di depan Museum Fatahillah atau Museum Sejarah Jakarta. Kawasan taman yang berupa lapangan luas ditutupi paving block ini, adalah lokasi ikonik ini kawasan Kota Tua Jakarta.

Selain Museum Fatahillah, taman ini dikelilingi bangunan kuno peninggalan era kolonial lainnya, seperti Kantor Pos Kota dan bekas gedung Pengadilan Tinggi Batavia. 

Pada malam hari, wisatawan bisa mengelilingi kawasan Taman Fatahillah naik sepeda ontel, atau sekadar jalan kaki. Biasanya, ada sejumlah seniman yang menampilkan atraksi di kawasan Taman Fatahillah.

2. Cafe Batavia  

Bangunan Cafe Batavia di Kota Tua Jakarta, saat senja jelang malam hariDok. Cafe Batavia Bangunan Cafe Batavia di Kota Tua Jakarta, saat senja jelang malam hari

Di dekat Museum Fatahillah, wisatawan bisa menjumpai sebuah restoran bergaya kolonial, yakni Cafe Batavia. Bangunan restoran bersejarah ini didirikan sejak 1805 oleh pemerintahan Belanda, seperti dikutip dari situs resminya.

Bangunan restoran ini mulanya digunakan sebagai akomodasi bagi petinggi VOC karena lokasinya dekat dengan gedung Balaikota Batavia Lama (kini Museum Fatahillah).

Gedung ini, sempat menjadi galeri seni sebelum akhirnya diubah menjadi restoran. Cafe Batavia merupakan restoran yang cukup ikonik, karena pengunjung bisa menyaksikan panorama kawasan Kota Tua Jakarta.

Jam buka Cafe Batavia mulai pukul 09.00 WIB hingga 00.00 WIB pada Senin hingga Kamis. Sementara, Cafe Batavia buka hingga pukul 01.00 WIB pada Jumat.

Baca juga:

4. Kedai Seni Djakarte

Kedai Seni Djakarte di Kota Tua, JakartaKOMPAS.com/GADING P Kedai Seni Djakarte di Kota Tua, Jakarta

Pilihan kafe dan restoran di Kota Tua Jakarta lainnya adalah Kedai Seni Djakarte. Kafe yang satu ini cukup mencolok dengan bangunan bergaya Eropa klasik, dan penggunaan warna hijau pada beberapa bagian eksteriornya.

Lokasinya berada di samping Museum Fatahillah atau di depan pintu masuk Museum Sejarah.

Menurut Instagram resminya, kafe ini mulai dibangun sejak 1913 pada masa kolonial Belanda. Pada 2015, Kedai Seni Djakarte sempat diperbaiki UNESCO melalui tim ahli gedung tua.

Kafe bernuansa vintage ini menyediakan menu khas Indonesia dan Western yang dibanderol mulai dari Rp 20.000-an. Sementara menu minuman dibanderol mulai dari Rp 15.000.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com