Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Ada Wisata Kano Baru di Aliran Sungai Winongo Kecil Bantul

Kompas.com - 12/10/2023, 20:08 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

Sumber Antara,Antara

KOMPAS.com - Aliran Sungai Winongo Kecil di Jalan Samas, Kelurahan Srigading, Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) kini dimanfaatkan untuk mengembangkan wisata kano.

Dikutip dari Antara, pengelolanya adalah kelompok masyarakat setempat yang kemudian menamai desa wisata bernama Banjoe Adji.

Desa Wisata Banjoe Adji diluncurkan pada akhir Agustus 2023 dan sudah mendapatkan Surat Keputusan (SK) dari Lurah Srigading, sehingga pengelolaan dan operasionalnya sudah disetujui desa setempat.

Baca juga:

Adapun wisata kano ini baru diresmikan pada Minggu (27/8/2023), seperti dikutip dari situs Pemerintah Kabupaten Bantul.

Wisatawan yang naik kano bisa menyusuri aliran sungai sejauh sekitar 1 kilometer.

"Menyusuri sungai dari Dam Samas ini sampai Jembatan Abang, kurang lebih 1 kilometer. Ini sungai Winongo Kecil yang tidak surut meski musim kemarau," ucap Ketua Pengelola Desa Wisata Banjoe Adji, Sudiman di Bantul, Kamis.(12/10/2023).

Tarif naik kano

Terdapat tujuh kano yang digunakan dalam pengoperasian wisata air ini. Tarifnya Rp 10.000 per orang dan durasi naik kano selama 10 menit, dengan masing-masing kano dapat diisi maksimal dua orang.

Untuk sementara, kata Sudiman, wisata ini baru dibuka pada Sabtu dan Minggu. 

Adapun kano didanai dari Dana Keistimewaan Pemda DIY.

Per harinya ada sekitar 30 wisatawan yang datang berkunjung.

"Yang datang kebanyakan dari sekitaran Bantul, kemudian sebagian dari luar daerah seperti dari Magelang Jawa Tengah juga ada," ungkapnya.

Baca juga:

Sudiman memastikan keamanan wisatawan saat naik kano selama Prosedur Operasional Standar (SOP) diterapkan, yakni memakai helm, jaket pelampung, dan tidak berdiri di atas kano.

Adapun kedalaman sungai lebih-kurang 2,5 meter.

Pihak desa wisata juga bekerja sama dengan tim SAR untuk mengantisipasi jika ada kejadian yang tidak diinginkan selama wisatawan bermain kano.

"Kami sudah kerjasama dengan tim SAR, sehingga kalau banyak pengunjung kami koordinasi dengan tim SAR. Kebetulan salah satu pengurus kami juga sebagai anggota SAR," katanya.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com