Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Goa Jomblang Yogyakarta: Harga Tiket, Lokasi, dan Daya Tarik

Kompas.com - 09/10/2023, 22:08 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Selain pantai yang menawan, Yogyakarta mempunyai sejumlah wisata susur goa yang eksotis. Salah satu wisata goa yang populer di Yogyakarta adalah Goa Jomblang.

Aktivitas susur Goa Jomblang cukup menantang, serta membutuhkan membutuhkan alat khusus dan keahlian untuk menjelajahi goa. Sebab, berbeda dengan goa pada umumnya, Goa Jomblang merupakan merupakan tipe goa vertikal, berdasarkan informasi dari Visiting Jogja.

Baca juga:

Jika ingin menjajal keseruan Goa Jomblang Yogyakarta lokasinya berada di Desa Pacarejo, Kecamatan Semanu, Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sebelumnya, simak dulu informasi daya tarik, harga tiket, dan lokasi Goa Jomblang Yogyakarta berikut ini.

Daya tarik Goa Jomblang 

Ada beragam daya tarik Goa Jomblang sebagai berikut:

1. Goa vertikal 

Goa Jomblang Yogyakarta SHUTTERSTOCK Goa Jomblang Yogyakarta

Seperti disampaikan sebelumnya, Goa Jomblang adalah gua vertikal yang terbentuk akibat runtuhnya tanah dan vegetasi karena proses geologi, berdasarkan informasi dari situs Visiting Jogja.

Runtuhan tersebut, membuat sinkhole atau sumuran mulut gua sekitar dengan kedalaman sekitar 50 meter.

Oleh sebab itu, aktivitas vertical caving di Goa Jomblang akan memacu adrenalin pengunjung. Terdapat empat jalur yang bisa dilewati berdasarkan kedalamannya.

Untuk pemula bisa melewati jalur dengan kedalaman 15 meter, yang dapat dilalui dengan berjalan kaki. Sementara, bagi profesional bisa melalui jalur vertical caving di kedalaman 40 meter, 60 meter hingga 80 meter.

Baca juga:

2. Vegetasi purba di dalam goa 

Berbeda dengan area sekitar goa yang terbilang gersang, di dalam goa ini justru sangat subur. Berdasarkan informasi dari situs Pemerintah Kabupaten Gunung Kidul, di dasar goa vertikal ini terdapat vegetasi purba yang tidak ditemukan di luar goa.

Saat menapakkan kaki di dasar goa, pengunjung akan dibuat terpesona dengan pemandangan sekitar. Saat kaki berpijak, dapat ditemui berbagai vegetasi tumbuhan purba yang cantik dan rimbun, seperti dikutip dari Visiting Jogja.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com