Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

International Yogyakarta 42K Marathon Suguhkan Rute ke Tempat Wisata, Ada Malioboro

Kompas.com - 08/10/2023, 20:28 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Ajang perdana The International Yogyakarta 42K Marathon (TIY42K), Minggu (8/10/2023), menyuguhkan tempat-tempat ikonis di Kota Yogyakarta, Daerah Istimewa Yogyakarta, kepada para pelari. Salah satunya Malioboro.

"Rute lari yang kami sajikan tidak hanya menghadirkan tantangan bagi pelari tapi juga menghubungkan mereka dengan tempat-tempat ikonik Kota Yogyakarta," ujar Presiden Direktur Dyandra Promosindo, Daswar Marpaung dalam keterangan tertulis, Minggu (8/10/2023).

Baca juga:

Pihaknya berharap acara ini dapat diselenggarakan secara tahunan karena mampu memberikan multiplier effect.

Acara spot tourism ini mengundang pelari dari dalam dan luar negeri untuk berpartisipasi dalam tiga kategori yaitu 42K, 21K, dan 10K. Titik start dan finish berada di Jalan Malioboro.

Diselenggarakan oleh Dyandra Promosindo dan Raga Jiwa Mulia, ajang ini menggabungkan olahraga lari dengan pengalaman berwisata guna mempromosikan keindahan dan kekayaan budaya Yogyakarta.

Baca juga: Tugu Pal Putih Yogyakarta Diberi Pagar, Mau Masuk Harus Izin Dulu

Ilustrasi Malioboro, Yogyakarta.UNSPLASH/FARHAN ABAS Ilustrasi Malioboro, Yogyakarta.

“Di acara TIY42K ini kami juga berkolaborasi dengan pemerintah daerah dan memberdayakan masyarakat sekitar, organisasi kepemudaan, hingga UMKM (Usaha Mikro, Kecil, Menengah) untuk ikut serta menyukseskan acara ini," tutur Daswar.

Adapun flag off diadakan pukul 04:45 WIB untuk kategori 42K, 05:15 WIB untuk kategori 21K, dan 05:30 WIB untuk kategori 10K.

Baca juga:

Antusiasme para peserta terlihat saat meramaikan area Malioboro. Salah satunya adalah Indah yang merupakan peserta kategori 21K.

"Alasan saya daftar (TIY42K) selain memang suka event (acara) maraton ini adalah destinasi wisata yang ditawarkan oleh panitia jadi pengalaman yang menarik bagi saya yang rindu berwisata di Yogyakarta," ujar Indah.

Baca juga: Pertama Digelar, Festival Angkringan Yogyakarta Diserbu Pengunjung

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com