Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Intip Interior dan Eksterior Kereta Mewah Kompartemen, Beda dari Kereta Biasa

Kompas.com - 08/10/2023, 17:53 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Britannica

KOMPAS.com - Kereta Suite Class Kompartemen atau Kereta Compartment Suites termasuk salah satu inovasi dari PT Kereta Api Indonesia atau KAI (Persero). Sesuai namanya, kereta ini memiliki interior dan eksterior yang berbeda dibanding kereta pada umumnya.

Eksterior Kereta Compartment Suites berwarna biru dengan livery emas, disebut terinspirasi dari kereta Orient Express, kereta legendaris yang beroperasi lebih dari 80 tahun dari Paris ke Konstantinopel, dilansir dari Britannica, Minggu (8/10/2023).

Baca juga:

"Ornamen mahkota kami buat dengan dasar warna painting gold (emas) ditambah logam kuningan yang dilapis emas sepuh agar logo terlihat semakin cantik dan berkelas sesuai tema high-end class, menunjukkan identitasnya sebagai kelas suites," terang VP Public Relations KAI Joni Martinus, lewat keterangan resmi, Sabtu (7/10/2023).

Adapun garis yang ada di livery kereta menyimbolkan lintasan kereta, sedangkan ornamen mahkota melambangkan kejayaan. 

Ilustrasi bagian dalam Kereta Api Suite Class Kompartemen.Dok. KAI Ilustrasi bagian dalam Kereta Api Suite Class Kompartemen.

Sementara itu, dari segi interior, dinding lorong Kereta Compartment Suites dihiasi motif lingkar Borobudur dari sudut pandang atas yang saling bertaut. Warna yang digunakan adalah warna toska. 

Joni menambahkan, pihaknya memasang tata pencahayaan khusus yang memadukan material warna emas dan perak. Tujuannya agar menghasilkan nuansa hangat. 

Baca juga: Versi Baru Kereta Mewah Orient Express Akan Beroperasi pada 2023

Di bagian plafon kereta, terdapat ukiran Perisai Talawang dari kayu dengan motif burung enggrang. 

Di lantai kereta, terdapat karpet dengan warna abu-abu muda dan abu-abu tua yang sepintas bisa terlihat kecoklatan. 

Ilustrasi area duduk di Kereta Suite Compartment atau Kereta Compartment Suites.Dok. KAI Ilustrasi area duduk di Kereta Suite Compartment atau Kereta Compartment Suites.

Material interior Kereta Compartment Suites disebut berasal dari bahan-bahan ramah lingkungan, salah satunya HMR (High Moisture Resistant) dari olahan kayu di dinding. 

Selain dinding, bahan ramah lingkungan juga disebut bisa ditemukan di plafon. Bagian plafon menggunakan Glass Reinforced Conrete (GRC) sebagai bahan utama yang ramah lingkungan.

Tidak hanya itu, kereta ini juga menggunakan material alam, antara lain granit untuk meja dan kayu jati untuk aksesori plafon. 

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Vs Argo Parahyangan, Cepat Mana Sampai Kota Bandung?

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com