Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

KAI Akan Luncurkan Kereta Mewah Kompartemen, Ini Fasilitasnya

Kompas.com - 02/10/2023, 14:02 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

 

KOMPAS.com - PT Kereta Api Indonesia (Persero) atau PT KAI akan segera meluncurkan Kereta Api Suite Class Kompartemen.

Kereta ini disebut sebagai inovasi dari KAI yang memadukan kemewahan dan kenyamanan, dengan fasilitas futuristik. 

Direktur Utama PT KAI Didiek Hartantyo mengatakan, pada Jumat (29/9/2023), telah diadakan uji coba kereta kompartemen Jakarta-Cirebon pulang pergi. 

"Hari ini ada tes kereta kompartemen dari Jakarta ke Cirebon. Di mana kereta itu merupakan perwujudan kembalinya Kereta Bima," ujar Didiek usai meresmikan pembukaan KAI Expo 2023, Jumat (29/9/2023). 

Baca juga: Kereta Cepat Whoosh Resmi Beroperasi, Diharapkan Bantu Capai Target Jumlah Wisatawan

Kereta kompartemen yang baru ini nantinya, kata dia, mungkin akan dapat membangkitkan nostalgia banyak orang atas Kereta Bima. 

"Rencananya namanya kereta api Bima, namanya Bima Reborn, warnanya juga biru, tapi yang sekarang lebih keren," imbuhnya. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Oleh karena itu, dulu disebut Bima (Biru Malam) karena berasal dari gerbong yang berwarna biru dan beroperasi pada malam hari, dikutip dari National Geographic Indonesia

Adapun Kereta Bima merupakan kereta sleeper pertama milik Perusahaan Jawatan Kereta Api (kini PT Kereta Api Indonesia) yang beroperasi pada 1 Juni 1967.

Fasilitas Kereta Api Suite Class Kompartemen

Dihubungi terpisah, Vice President Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan bahwa kereta mewah ini akan segera diluncurkan untuk umum. 

"Rencana tanggal 6 (Oktober) nanti akan kami rilis secara resmi saat launching," kata Joni, kepada Kompas.com, Senin (2/10/2023). 

Adapun pada Jumat (29/9/2023), uji coba perjalanan spesial dengan kereta api luar biasa (KLB) bertema “Joy Ride Suite Class Kompartemen” dilakukan agar saat peresmian sudah lebih baik. 

 uji coba perjalanan spesial dengan kereta api luar biasa (KLB) yang mengusung tema ?Joy Ride Suite Class Kompartemen? bersama dengan brand ambasador Access by KAI - Maudy Ayunda beserta artis, sosialita, dan influencer dengan rute perjalanan relasi Gambir - Cirebon pp pada Jumat (29/9). Dok. PT KAI uji coba perjalanan spesial dengan kereta api luar biasa (KLB) yang mengusung tema ?Joy Ride Suite Class Kompartemen? bersama dengan brand ambasador Access by KAI - Maudy Ayunda beserta artis, sosialita, dan influencer dengan rute perjalanan relasi Gambir - Cirebon pp pada Jumat (29/9).

“Dengan joy ride ini KAI ingin agar peserta merasakan layanan dan fasilitas yang telah di siapkan. Sehingga harapannya bisa mendapatkan feedback, saran, dan masukan untuk dievaluasi, serta tindak lanjut perbaikan agar pada saat peresmian mendatang menjadi semakin lebih baik,” ujar dia. 

Kereta ini terdiri dari 16 kompartemen yang akan memberikan privasi kepada penumpang di sepanjang perjalanan. Setiap kompartemen pada suite class ini dilengkapi dengan kursi canggih yang dioperasikan secara digital.

Kursi dan fasilitas kompartemen bisa dikustomisasi sesuai kebutuhan, dengan mengatur pencahayaan, level pendingin udara, dan posisi duduk.

Baca juga: Cara Akses Kereta Cepat Whoosh di Stasiun Halim Naik TransJakarta

Fasilitas kompartemen tersebut juga dilengkapi call button yang dapat digunakan penumpang jika ingin memerlukan bantuan kepada pramugara dan pramugari yang bertugas.

Selama perjalanan, pramugara dan pramugari akan melayani penumpang dan memberikan beberapa fasilitas, seperti bantal, selimut, headset, dan handuk hangat.

Tidak lupa sajian dalam perjalanan yang terdiri dari appetizer, main course, dessert, dan aneka pilihan minuman. 

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com