Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lampaui Target, Kunjungan Turis Asing Sudah Capai 7,4 Juta

Kompas.com - 09/10/2023, 21:04 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Kunjungan wisatawan mancanegara (wisman) atau turis asing hingga Agustus 2023 tercatat mencapai 1, 1 juta kunjungan.

Secara kumulatif, kunjungan wisman selama Januari hingga Agustus 2023 mencapai 7,44 juta.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Uno memandang, kebangkitan pariwisata tahun ini sangat signifikan.

Sebab, angka tersebut sudah melampaui target awal kunjungan wisman, yakni 7,4 juta kunjungan, yang kemudian direvisi menjadi 8,5 juta kunjungan wisman hingga akhir tahun.

“Ini naik dari bulan sebelumnya, dan dibandingkan tahun lalu, naik hampir 70 persen. Berhasil memecahkan 7,4 juta target wisman di awal tahun,” ujar Menprekraf dalam konferensi pers di Jakarta, Senin (9/10/2023).

Baca juga:

Masih tersisa empat bulan ke depan, pihaknya optimis target akhir tahun 8,5 juta kunjungan wisman dapat terlampaui. Bahkan, ia memperkirakan angkanya akan naik 15-20 persen.

“Dapat terlampaui siginifikan 15-20 persen, targetnya 10-11 juta kunjungan wisman,” ujar dia.

Didominasi wisatawan Malaysia

Lebih lanjut, ia menjelaskan, dari kunjungan wisman di bulan Agustus, didominasi oleh Malaysia sebagai peringkat pertama, Australia di posisi kedua, dan Singapura yang ketiga.

“Kalau kita lihat dari kunjungan wisman saat Agustus, didominasi Malaysia 15,4 persen, Australia 11,4 persen, dan Singapura 9,3 persen,” terangnya.

Baca juga:

Peringkat keempat dan kelima berturut-turut diisi oleh China dan Timor Leste, dengan angka masing-masing 7,52 persen dan 5,68 persen.

Adapun wisman terbanyak berkunjung ke Indonesia melalui moda transportasi udara, dengan angka 826.446 per Agustus 2023.

“Peningkatan ini tercatat (paling besar) pada Bandara Ngurah Rai, yang meningkat 280 persen lebih, selanjutnya Bandara Soekarno Hatta yang naik 159 persen,” kata dia.

Dengan angka tersebut, ia optimistis peningkatan kunjungan wisman dalam sisa empat bulan ke depan.

@kompastravel Ada perbedaan antara jumlah seats alias kursi di tiap kelas. Kalau di premium economy jumlah kursinya 555, dengan posisi 3-2. Kalau di business class ada 28 kursi dengan posisi 2-2. Nah, kalau di first class ada 18 kursi dengan posisi 2-1 Yuk cerita di kolom komentar, kamu pengen nyobain naik Whoosh juga nggak sih? #keretacepat #keretacepatjakartabandung #kcic #whoosh ? Mood - Instrumental - DC Beatz
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com