Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Galeri Melaka Naik KRL dan TransJakarta

Kompas.com - 12/10/2023, 22:05 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Galeri Melaka ialah galeri seni yang memamerkan ikon Melaka, serta memaparkan sejarah mengenai Melaka dari awal pendirian kerajaan.

Galeri ini berlokasi di lantai satu gedung Museum Fatahillah, tepatnya di Taman Fatahillah Nomor 1, Pinangsia, Kecamatan Taman Sari, Jakarta Barat.

"Persiapannya (Galeri Melaka) di museum sudah ada sekitar sebulan yang lalu, dan belum ada info pasti galeri dibuka sampai kapan. Namun mengingat persiapannya cukup lama, kemungkinan periodenya juga lama," kata petugas di Museum Sejarah Jakarta, Achmad Bagus di lokasi, Selasa (10/10/2023).

Baca juga:

Waktu operasional Galeri Melaka mengikuti waktu operasional Museum Fatahillah. Museum ini buka setiap Selasa sampai Minggu mulai pukul 09.00 WIB sampai pukul 16.00 WIB.

"Kita tutup loket pukul 16.00 WIB, pengunjung di dalam area museum sampai pukul 16.30 WIB, jadi ada estimasi kunjungan sekitar 30 menit," kata Achmad.

Pengunjung yang hendak datang ke lokasi naik transportasi umum bisa memilih naik KRL Commuter Line ataupun TransJakarta.

Baca juga:

Cara ke Galeri Melaka Naik KRL

Stasiun Jakarta Kota, stasiun terdekat dari Museum FatahillahDOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Stasiun Jakarta Kota, stasiun terdekat dari Museum Fatahillah

Stasiun KRL terdekat dari lokasi Galeri Melaka yaitu Stasiun Jakarta Kota, jaraknya sekitar 230 meter. Wisatawan bisa jalan kaki dari pintu keluar stasiun sekitar tiga menit menuju Museum Fatahillah.

Wisatawan yang datang dari arah Stasiun Bogor, bisa naik kereta tujuan Jakarta Kota, lalu berhenti di stasiun akhir yakni Stasiun Jakarta Kota.

Sementara itu, wisatawan yang datang dari arah Stasiun Tanah Abang dan Stasiun Jatinegara, bisa naik KRL ke Stasiun Manggarai. Kemudian berpindah kereta tujuan Stasiun Jakarta Kota.

Baca juga:

Cara ke Galeri Melaka naik TransJakarta

Halte Kota, halte terdeka dari Museum Fatahillah.DOK. KOMPAS.COM/ SUCI WULANDARI PUTRI CHANIAGO Halte Kota, halte terdeka dari Museum Fatahillah.

Halte Transjakarta terdekat dari lokasi Galeri Melaka yaitu Halte Busway Jakarta Kota (Kota), persis di sebelah kanan dari arah pintu keluar Stasiun Jakarta Kota.

Jarak dari halte ke museum sekitar 260 meter sehingga wisatawan bisa jalan kaki sekitar empat menit.

Baca juga: 3 Tempat Wisata Dekat Museum Fatahillah, Kaya Sejarah

Adapun bus Transjakarta yang terintegrasi dengan Halte Kota yaitu koridor 1 (Blok M-Kota), koridor 1A (Pantai Maju-Balaikota via Tol Ir. Sedyatmo), koridor 12 (Pluit-Tanjung Priok), dan koridor 12B (Pluit-Senen).

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com