Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
KILAS

4 Destinasi Memukau di Sekitar Mandalika, Ada Gili Nanggu hingga Desa Sade

Kompas.com - 18/10/2023, 15:22 WIB
A P Sari

Penulis

KOMPAS.com - Mandalika di Lombok, Nusa Tenggara Barat (NTB) saat ini mulai dilirik wisatawan mancanegara karena status Sirkuit Mandalika yang telah diakui secara internasional.

Bahkan, pembalap asal Italia, Michael Rinaldi mengatakan, Sirkuit Internasional Mandalika adalah salah satu sirkuit yang keren.

Setelah berkunjung ke Sirkuit Internasional Mandalika, Anda bisa pergi berlibur ke daerah-daerah wisata di sekitar Mandalika yang menawarkan pemandangan super indah dan memukau. Dijamin, Anda pun akan betah berlama-lama di tempat-tempat wisata ini.

Berikut empat destinasi wisata yang bisa dicoba:

1. Gili Nanggu

Gili Nanggu adalah pulau kecil yang terletak di sekitar Mandalika yang bukan bagian dari Pulau Lombok. Untuk menuju pulau ini, Anda bisa menggunakan perahu.

Baca juga: Usai Naik Podium di Mandalika, Vinales Dibilang Tak Bakal Menyeberang ke Honda

Pulau ini menawarkan pantai berpasir putih, air laut yang jernih, dan terumbu karang yang indah. Pengunjung dapat melakukan snorkeling, menyelam, atau sekadar bersantai di pantai yang tenang.

Dari Sirkuit Internasional Mandalika, Anda bisa menyebrang lewat Pelabuhan Lembar dan lanjut naik boat dengan kapasitas 10-15 orang. Harga naik boat pun cukup terjangkau, yakni Rp 30.000 sampai Rp 35.000 per orang untuk pulang-pergi.

Saat sampai di Gili Nanggu, pengunjung perlu membeli tiket masuk senilai Rp 5.000 saja. Bagaimana, murah meriah, bukan?

2. Pantai Kuta Lombok

Pantai Kuta Lombok.DOK. Kemenparekraf Pantai Kuta Lombok.

Pantai Kuta Lombok adalah salah satu pantai yang paling terkenal di daerah ini. Pantai ini menawarkan pasir putih yang halus, air laut biru yang jernih, dan ombak yang cocok untuk berselancar.

Baca juga: MotoGP Mandalika 2023: Jumlah Penonton Capai 102.000, Tingkap Okupansi di Tiga Gili di Lombok Utara Hanya 5 Persen

Di samping itu, pengunjung juga dapat menikmati pemandangan indah dan melihat perahu nelayan tradisional yang berlabuh di pantai.

Perjalanan dari Sirkuit Internasional Mandalika ke Pantai Kuta Lombok bisa ditempuh selama 9 menit menggunakan mobil.

Menariknya, untuk masuk ke pantai ini, pengujung tidak perlu merogoh kocek untuk biaya tiket masuk. Pengunjung cukup membayar biaya parkir saja jika datang membawa kendaraan pribadi.

3. Pantai Selong Belanak

Pantai Selong Belanak.DOK. Kemenparekraf Pantai Selong Belanak.

Pantai Selong Belanak adalah pantai berpasir putih yang luas dan berombak tenang. Pantai ini sangat populer untuk olahraga selancar dan juga cocok untuk pemula. Sebab, tersedia juga kelas surfing bagi pengunjung yang ingin belajar berselancar.

Baca juga: DAMRI Angkut 2.366 Penumpang Selama MotoGP Mandalika 2023

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com