Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Matikan Lampu Saat Masuk Kamar Hotel, Ini Alasannya 

Kompas.com - 21/10/2023, 14:13 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada beragam tips menginap di hotel yang perlu disimak calon tamu demi kenyamanan. Salah satunya adalah tips menghindari kutu busuk alias tungau saat menginap di hotel.

Kutu busuk akhir-akhir ini menjadi sorotan masyarakat lantaran menjadi wabah di Perancis. Mengutip Daily Mail dalam Kompas.com (12/10/2023), wabah kutu busuk di Perancis menyebabkan banyak keluarga di Kota Marseille membuang kasur mereka yang penuh kutu busuk ke jalanan.

Baca juga:

Setiap hotel pastinya sudah menjamin kebersihan area kamar untuk menjami kenyamanan para tamu. Namun, tidak ada salahnya untuk berjaga-jaga dengan melakukan pengecekan kutu busuk lebih dulu.

Halee, seorang pekerja hotel yang telah berpengalaman selama 15 tahun menyarankan, agar para tamu mematikan lampu saat pertama kali memasuki kamar hotel.

Ilustrasi kamar hotel.Unsplash/Vojtech Bruzek Ilustrasi kamar hotel.

Kemudian, gunakan senter handphone untuk memeriksa sejumlah bagian kamar hotel yang berpotensi menjadi tempat persembunyian kutu busuk, seperti dilansir dari Mirror UK dan Exprees UK.

Matikan lampu, tutup semua tirai, dan gunakan senter ponsel Anda,” ujar Halee dilansir dari Mirror UK.

Dengan menggunakan senter handphone, ia menyarankan tamu hotel memerikan sejumlah tempat yang dicurigai sebagai tempat kutu busuk. Meliputi, bagian bawah tempat tidur, sprei kasur, lemari es mini, tirai, dan papan setrika (jika ada).

Baca juga:

Ia menuturkan, kutu busuk sangat menyukai sudut dan lipatan. Selain itu, kutu busuk lebih aktif di malam hari, sehingga tamu hotel disarankan mematikan lampu saat mengecek agar kondisi kamar gelap menyerupai malam hari.

“Alasan Anda harus memeriksa tempat tidur dengan lampu mati adalah, karena kutu busuk aktif di malam hari, sehingga mereka lebih cenderung keluar dan mencari mangsanya,” jelas Halee.

Ia juga menyarankan agar tamu tidak membongkar koper sebelum memeriksa kondisi kamar. Sebab, ada risiko kutu busuk masuk ke koper jika tamu tidak memeriksa kamar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com