Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jadi Desa Wisata Terbaik Dunia 2023, Ketahui 7 Pesona Desa Penglipuran

Kompas.com - 22/10/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Desa Wisata Penglipuran, Kabupaten Bangli, Bali masuk dalam daftar 54 desa wisata terbaik di dunia 2023 atau Best Tourism Villages 2023

Penghargaan tersebut diberikan oleh Organisasi Pariwisata Dunia PBB atau UNWTO pada edisi ketiga “Best Tourism Villages by UNWTO” di Samarkand, Uzbekistan, Kamis (19/10/2023).

Baca juga:

Desa Wisata Penglipuran berhasil terpilih dari 260 kandidat dan lebih dari 60 negara yang terdaftar. Pesona Desa Wisata Penglipuran memang sudah terkenal hingga mancanegara.

Lantas, apa saja pesona Desa Wisata Penglipuran? Simak ulasannya berikut ini.

1. Mempertahankan aturan adat awig-awig 

Desa Wisata Penglipuran menganut dua sistem pemerintahan, yaitu sistem pemerintah formal dan aturan desa adat atau dikenal sebagai awig-awig. Melansir dari situs Pemerintah Kabupaten Bangli, aturan adat awig-awig tersebut merupakan implementasi dari Tri Hita Karana.

Meliputi,hubungan manusia dan Tuhan (prahyangan), hubungan manusia dan manusia (pawongan), serta hubungan manusia dan lingkungan. 

2. Tata ruang Tri Mandala 

Salah satu Rumah Adat Bali di Desa Penglipuran, Bali.SHUTTERSTOCK/GEKKO GALLERY Salah satu Rumah Adat Bali di Desa Penglipuran, Bali.

Tata ruang desa penglipuran dikenal sebagai Tri Mandala, yang terdiri dari tiga bagian. Meliputi, Utama Mandala, Madya Mandala, dan Nista Mandala. 

Utama Mandala diartikan sebagai tempat suci para Dewa. Di lokasi ini, masyarakat Desa Wisata Penglipuran melakukan sembahyang kepada Sang Hyang Widi.

Selanjutnya, Madya Mandala merupakan kawasan pemukiman penduduk yang berbanjar sepanjang jalan utama desa. Rumah penduduk tersebut itu berjejer menghadap barat dan timur.

Terakhir, Nista Mandala adalah tempat yang paling buruk, yang menjadi lokasi pemakaman masyarakat Desa Wisata Penglipuran.

Baca juga:

3. Arti nama Penglipuran 

Nama Desa Wisata Penglipuran ternyata memiliki makna khusus. Penglipuran berasal dari kata pengeling pura, yang maknanya adalah tempat suci untuk mengenang para leluhur. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com