Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Gunung Papandayan, Jalur Pendakian Ditutup Sementara

Kompas.com - 24/10/2023, 17:17 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

KOMPAS.com - Jalur pendakian ke Gunung Papandayan di Kabupaten Garut, Jawa Barat, ditutup akibat kebakaran hutan yang masih terjadi.

"Pendakian sementara masih ditutup karena pertimbangan keamanan," kata Kepala Polsek Cisurupan, Iptu Asep Saepudin, dikutip dari Antara, Selasa (24/10/2023).

Baca juga:

Selain keamanan, penutupan pendakian dilakukan guna memudahkan proses pemadaman dan mencegah api menjalar.

Sebelumnya pada Minggu (22/10/2023) dilaporkan adanya kebakaran lahan hutan di Blok Tegal Alun. Kebakaran masih terjadi hingga saat ini. 

Petugas gabungan, lanjutnya, masih siap siaga memadamkan api yang masih terjadi di dua titik di kawasan hutan secara manual.

Baca juga: Kawah Papandayan Manjakan Pengunjung dengan Kolam Air Panas

Petugas memadamkan kobaran api yang membakar lahan hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/10/2023). ANTARA/Polsek Cisurupan Petugas memadamkan kobaran api yang membakar lahan hutan di Gunung Papandayan, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Senin (23/10/2023).

"Titik api sudah mengecil tinggal dua titik lagi, sekarang akan dilakukan kembali pemadaman oleh tim gabungan," tuturnya.

Ia menyampaikan, penyebab kebakaran masih belum diketahui dan pihaknya masih berfokus ke pemadaman. Luas lahan yang terbakar diperkirakan sekitar 100 hektar.

Baca juga:

Tempat wisata masih dibuka

Berbanding terbalik dengan jalur pendakian, tempat wisata yang terletak jauh dari lokasi kebakaran masih dibuka untuk wisatawan.

"Wisata masih dibuka," ujarnya. 

Adapun titik kebakaran terletak cukup jauh dari gerbang Taman Wisata Alam Gunung Papandayan, tepatnya kira-kira tiga jam berjalan kaki.

Baca juga: Matahari Terbit hingga Kawah Papandayan, Panorama dari Pos Hubber Hood...

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com