Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran di Punti Kayu di Palembang Tak Pengaruhi Wisata

Kompas.com - 28/10/2023, 20:34 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Antara

KOMPAS.com - Kebakaran melanda hutan wisata Punti Kayu di Kota Palembang, Sumatera Selatan, pada Jumat (27/10/2023) malam. Peristiwa tersebut tidak mengganggu operasional layanan wisata lantaran api cepat dipadamkan.

"Kebakaran kawasan hutan wisata yang berada di tengah Kota Palembang itu cepat ditanggulangi petugas pemadam kebakaran sehingga hanya sekitar 20x30 meter yang terbakar dari total luas blok pemanfaatan 39 hektar," jelas Manajer Operasional Punti Kayu Palembang, Raden Azka, dikutip dari Antara, Sabtu (28/10/2023).

Baca juga:

Ia melanjutkan bahwa area yang terbakar berada jauh dari pintu masuk dan fasilitas untuk pengunjung. 

Adapun pengunjung tempat wisata ini pun dinilai ramai pada akhir pekan ini. 

"Pengunjung objek wisata alam ini mulai ramai pada hari Sabtu dan Ahad, bisa mencapai 200 orang lebih per hari," tuturnya.

Diduga akibat puntung rokok

Ilustrasi taman wisata alam Punti Kayu di Palembang, Sumatera Selatan.Dok. ANTARA/Yudi Abdullah/23 Ilustrasi taman wisata alam Punti Kayu di Palembang, Sumatera Selatan.

Raden menyampaikan, api mendadak muncul dari arah area yang berdekatan dengan Jalan Kolonel H Barlian, KM 6,5 Palembang. Api dengan cepat melalap puluhan pohon pinus yang ada di tempat wisata ini. 

Dinas Pemadam Kebakaran dan Penanggulangan Bencana (DPKPB) Palembang pun bergerak cepat memadamkan api sebelum merembet ke area lain dan menyebabkan kerugian yang lebih besar.

Baca juga:

Adapun kebakaran ini diduga disebabkan oleh orang yang membuang puntung rokok sembarangan ke arah pagar Punti Kayu, yang mana lokasinya berdekatan dengan jalan protokol.

Akan tetapi, lanjutnya, penyebab pastinya kebakaran ini tengah diselidiki oleh pihak kepolisian dan BKSDA (Balai Konservasi Sumber Daya Alam).

Untuk diketahui, Punti Kayu menawarkan panorama hutan pinus, beragam satwa, dan sejumlah atraksi, antara lain taman kupu-kupu, kolam renang, flying fox, dan lokasi untuk berfoto.

Baca juga: Palembang Targetkan 2,2 Juta Kunjungan Wisatawan Selama 2023

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com