Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

8 Wisata Kuningan Dekat Bandara Kertajati, Ada Telaga Biru yang Viral 

Kompas.com - 01/11/2023, 15:02 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) Kertajati atau Bandara Kertajati di Majalengka, resmi beroperasi penuh pada Minggu (29/10/2023). Masyarakat yang bepergian melalui bandara ini, bisa mampir ke sejumlah tempat wisata Kuningan dekat Bandara Kertajati.

Bandara Kertajati di Jawa Barat.DOK KEMENTERIAN PERHUBUNGAN Bandara Kertajati di Jawa Barat.

Dengan beroperasinya Bandara Kertajati, semua rute penerbangan menggunakan pesawat jet, baik penerbangan dalam maupun luar negeri, dari Bandara Husein Sastranegara, Bandung berpindah ke Bandara Kertajati, seperti dikutip dari Kompas.com (12/10/2023).

Baca juga:

Operasional Bandara Kertajati diharapkan mampu mendorong pariwisata di daerah sekitarnya. Termasuk wisata di Kabupaten Kuningan yang berbatasan langsung dengan Kabupaten Majalengka.

Wisata Kuningan dekat Bandara Kertajati 

Kompas.com merangkum wisata Kuningan dekat Bandara Kertajati sebagai berikut. Waktu tempuh dari Bandara Kertajati menuju kawasan wisata tersebut rata-rata satu jam berkendara

1. Telaga Cicerem

Pengunjung berfoto di Telaga Biru Cicerem atau Situ Cicerem.wonderfulimages.kemenparekraf.go.id Pengunjung berfoto di Telaga Biru Cicerem atau Situ Cicerem.

Telaga Cicerem atau dikenal sebagai Telaga Biru sempat viral di media sosial karena keindahannya. Telaga ini memiliki air berwarna biru jernih dan dikelilingi pepohonan hijau, sehingga tampak asri.

Daya tarik Telaga Cicerem adalah keberadaan ikan warna-warni di dalam telaga. Saking jernihnya air telaga, ikan warna-warni tersebut dapat dilihat dari permukaan.

Salah satu spot foto paling populer di Telaga Cicerem adalah ayunan di atas telaga dengan panorama air telaga yang jernih dan ikan warna-warni di dalamnya. Lokasi Telaga Cicerem di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kuningan, sekitar satu jam dari Bandara Kertajati.

2. Telaga Remis

Telaga Remis, Kuningan, Jawa Barat Shutterstock/ Wahyu Nur Fahrurozi Telaga Remis, Kuningan, Jawa Barat

Selain Telaga Cicerem, wisata telaga lainnya di Kabupaten Kuningan adalah Telaga Remis. Telaga Remis berada di lereng Gunung Ciremai, tepatnya di Desa Kaduela, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, sekitar satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

Mengutip Kompas.com (7/6/2022), danau ini memiliki luas sekitar 3,35 hektare. Nama Telaha Remis berasal dari bahasa Sunda, yang berarti sejenis kerang yang berwarna kuning yang hidup di sekitar telaga.

Telaga Remis dikelilingi pepohonan rindang sehingga memiliki suasana asri dan udara sejuk yang cocok untuk melepas penat.

3. Telaga Nilem 

Telaga Nilem memiliki air yang sebening kaca. Jadi, wisatawan bisa melihat langsung dasar telaga, seperti dikutip dari laman Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi Jabar. 

Saking jernihnya, pengunjung dapat menyaksikan secara jelas ikan-ikan yang berenang di dalamnya. Banyak sudut di Telaga Nilem yang bisa dijadikan spot untuk berfoto.

Suasana di sekitar telaga kian asri karena dikelilingi pepohonan rimbun. Lokasinya berada di Desa Kadeula, Kecamatan Pasawahan, Kabupaten Kuningan, sekitar satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

Baca juga:

4. Wisata Cipaniis 

Obyek wisata Cipaniis menawarkan kesegaran air sungai yang jernih serta dikelilingi perbukitan pepohonan pinus yang rindang. Lokasinya dapat ditempuh selama satu jam berkendara dari Bandara Kertajati.

Tepatnya di Desa Singkup, Kecamatan  Pasawahan, Kabupaten Kuningan. Melansir dari Kompas.com (26/3/2014), masyarakat sekitar percaya bahwa air sungai di wisata Cipaniis ini membawa berkah dan menyembuhkan penyakit kulit.

Selain berfungsi sebagai irigasi, aliran sungai itu menjadi obyek wisata yang menawarkan beragam keseruan bagi pengunjung seperti berenang dan body rafting. Di kawasan wisata tersebut juga terdapat bumi perkemahan seluas 2 hektare yang mampu menampung hingga 1.000 peserta.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com