Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Apa Perbedaan Dubai dan Abu Dhabi? 

Kompas.com - 01/11/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Sekilas, Dubai dan Abu Dhabi memiliki kemiripan nama, sehingga tidak sedikit orang yang keliru beranggapan keduanya adalah sama. Namun, Dubai dan Abu Dhabi merupakan dua kota berbeda yang berada di Uni Emirat Arab.

Lantas, apa perbedaan Dubai dan Abu Dhabi? Sebelumnya, kamu perlu memahami bentuk negara Uni Emirat Arab, yakni monarki federal, yang terdiri dari tujuh emirat atau bagian, dilansir dari Britannica.

Baca juga:

Nah, Dubai dan Abu Dhabi termasuk dalam tujuh emirat tersebut bersama dengan Ajman, Fujairah, Ras Al Khaimah, Sharjah, dan Umm Al Qaiwain. Abu Dhabi merupakan ibu kota Uni Emirat Arab, sementara Dubai merupakan ibu kota dari Emirat Dubai.

Kompas.com merangkum perbedaan Dubai dan Abu Dhabi berdasarkan sumber Britannica dan Lonely Planet, sebagai berikut.

1. Luas wilayah 

Luas wilayah Dubai sekitar 35 kilometer persegi. Kota ini berbatasan langsung dengan Teluk Persia, Abu Dhabi, Sharja, dan Oman.

Sementara itu, Abu Dhabi memiliki wilayah yang lebih luas dibandingkan Dubai, yakni 972 kilometer persegi. Wilayah Abu Dhabi juga berbatasan langsung dengan Teluk Persia.

2. Landmark 

Kaligrafi Arab pada eksterior Museum of the Future, Dubai pada malam hari.SHUTTERSTOCK Kaligrafi Arab pada eksterior Museum of the Future, Dubai pada malam hari.

Sebagai salah satu kota metropolitan di Uni Emirat Arab yang berkembang pesat, Dubai memiliki sejumlah landmark terkenal. Kamu pasti tahu Burj Khalifa, gedung pencakar langit yang merupakan bangunan tertinggi di dunia mencapai 828 meter.

Kemudian, ada Museum of The Future, Dubai Aquarium and Underwater Zoo, Palm Island, Pantai Jumeirah, Dubai Frame, dan sebagainya. Sebagai salah satu kota termewah di Uni Emirat Arab, Dubai merupakan destinasi wisata dunia.

Sementara itu, Abu Dhabi juga memiliki sejumlah landmark yang tidak kalah populer. Sebut saja, Masjid Agung Sheikh Zayed, Ferrari World Abu Dhabi, Louvre Abu Dhabi, Qasr Al Watan, Yas Waterworld Abu Dhabi, Warner Bros World, dan sebagainya.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com