Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Tempat Wisata Dekat Museum Kretek Kudus

Kompas.com - 06/11/2023, 23:17 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Museum Kretek Kudus tengah menjadi sorotan karena menjadi salah satu lokasi syuting serial Gadis Kretek yang dibintangi oleh Dian Sastrowardoyo.

Satu-satunya museum rokok di Indonesia ini, menyimpan sebanyak 1.195 koleksi, yang berkaitan dengan sejarah kretek di wilayah ini. Misalnya, dokumentasi perjalanan Nitisemito yang dijuluki Raja Kretek Kudus, sekaligus pendiri Pabrik Rokok Bal Tiga.

Baca juga:

Kemudian, pengunjung bisa menjumpai bahan dan alat pembuat rokok kretek tradisional, foto para pendiri pabrik kretek, alat promosi rokok kretek di masa lalu hingga sekarang, diorama proses pembuatan rokok kretek, dan sebagainya.

Miniatur pekerja sedang membuat rokok di objek wisata Museum Kretek Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (03/9/2016). Harga tiket masuk museum ini  Rp 2.000 / Orang, buka pukul 07.30 setiap hari tujuh hari dalam sepekan.KOMPAS.com / ANDREAS LUKAS ALTOBELI Miniatur pekerja sedang membuat rokok di objek wisata Museum Kretek Kudus, Jawa Tengah, Sabtu (03/9/2016). Harga tiket masuk museum ini Rp 2.000 / Orang, buka pukul 07.30 setiap hari tujuh hari dalam sepekan.

Dengan menjelajahi koleksi di Museum Kretek Kudus itu, pengunjung bisa memahami perkembangan rokok kretek di Indonesia, khususnya di Kudus.

Jika berkunjung ke Kudus, jangan lupa untuk mampir ke Museum Kretek yang berlokasi di Jalan Getas Pejaten Nomor 155, Kecamatan Jati, Kabupaten Kudus.

Harga tiket masuk Museum Kretek Kudus sangat ramah kantong, yakni Rp 4.000 pada Senin-Sabtu dan Rp 5.000 pada Minggu dan libur nasional.

Tempat wisata dekat Museum Kretek 

Wisatawan juga bisa mampir ke sejumlah tempat wisata dekat Museum Kretek Kudus, sebagai berikut:

1. Masjid Menara Kudus 

Masjid Menara Kudus.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Masjid Menara Kudus.

Masjid Menara Kudus memiliki nama asli Masjid Al Aqsa Menarat Qudus, seperti dikutip dari Kompas.com (15/1/2022). Masjid ini dibangun oleh Sunan Kudus pada 1549 sehingga usianya mencapai 474 tahun.

Bangunan masjid cukup ikonik karena memiliki menara yang menyerupai candi, sebagai lambang akulturasi budaya masa lalu. Pada kompleks masjid, terdapat makam Sunan Kudus yang merupakan salah satu Wali Songo dengan nama asli Ja’far Shadiq.

Hingga saat ini, Masjid Menara Kudus masih digunakan untuk ibadah serta ramai dikunjungi peziarah dari berbagai daerah di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Menara, Desa Kauman, Kota Kudus, sekitar 3,4 kilometer (km) dari Museum Kretek.

2. Museum Jenang Kudus 

Jenang adalah merupakan kuliner yang menjadi simbol doa, harapan, persatuan, dan semangat yang tidak lepas dari budaya dan kearifan lokal Kota Kudus. Legenda jenang juga sangat erat dengan sejarah perjalanan Sunan Kudus dalam menyebarkan agama Islam.

Hal tersebut melatarbelakangi pendirian Museum Jenang. Museum ini berhasil mencetak rekor MURI sebagai museum jenang pertama di Indonesia, berdasarkan informasi dari situs MURI.

Kehadiran Museum Jenang menjadi sarana edukasi kepada publik seputar jenang, makna dan jenisnya. Museum ini dilengkapi dengan wahana dan spot foto yang unik dan menarik.

3. Taman Oasis Djarum

Taman Oasis merupakan Ruang Terbuka Hijau (RTH) yang berada di sekitar pabrik rokok Djarum. Taman ini dipenuhi dengan tumbuhan serta ditata dengan rapi sehingga tampak asri.

Lokasinya berada di Jalan Lingkar Utara Nomor 7, Desa Gondangmanis, Kecamatan Bae, Kudus, atau sekitar 6,3 km dari Museum Kretek Kudus.

Selain menikmati pemandangan hijau, wisatawan bisa melakukan beragam aktivitas di taman ini, seperti berolahraga, jalan santai, atau sekadar berfoto. Kawasan Taman Oasis Djarum ini selalu dipadati pengunjung khususnya pada hari libur.

Baca juga:

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com