Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pulau Kelapa di Bima NTB, Punya Pesona Mirip Raja Ampat 

Kompas.com - 14/11/2023, 11:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Ada banyak pulau tersembunyi di Indonesia yang menawarkan sejuta pesona. Salah satunya adalah Pulau Kelapa di Kecamatan Lambu, Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB).

Nama Pulau Kelapa memang belum setenar Pulau Komodo maupun Gili Trawangan. Namun, Pulau Kelapa memiliki pesona yang tidak kalah menariknya dengan pulau-pulau lainnya di NTB.

Baca juga:

Daya tarik Pulau Kelapa 

Pulau Kelapa di Bima, NTBShutterstock/Mbojo Backpacker Pulau Kelapa di Bima, NTB

Pulau Kelapa sering disebut oleh wisatawan sebagai miniatur Raja Ampat, Papua Barat, seperti dikutip dari situs Dinas Lingkungan Hidup NTB. Sebab, Pulau Kelapa memiliki pesona yang menyerupai Raja Ampat yang dijuluki sebagai The Last of Paradise.

Pulau Kelapa dikelilingi oleh bukit karang besar di lepas pantai serta lautan yang bewarna biru jernih. Selain itu, Pulau Kelapa menawarkan pesona alam bawah laut yang menawan yang cocok untuk snorkeling maupun diving.

Baca juga:

Bahkan, gugusan terumbu karang yang indah dapat dilihat dari atas Pulau Kelapa, seperti dikutip dari situs Labuan Bajo Flores Tourism Authority.

Wisatawan akan menjumpai bukit-bukit yang tertutup rumput dan padang savana.  Meskipun bernama Pulau Kelapa, namun tidak banyak dijumpai pohon kelapa di pulau ini. 

Masyarakat setempat menyebut Pulau Kelapa dengan nama Pulau So Lampu, karena di tengah pulau terdapat sebuah mercusuar peninggalan Belanda.

Pulau Kelapa menjadi bagian dari Wisata Alam Sasako yang dicanangkan oleh Pemerintah Kabupaten Bima. Wisata Alam Sasako merupakan wisata gabungan antara Sangiang, Sape dan Komodo.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com