Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Antusiasme Pengunjung BTS Exhibition: Proof in Jakarta, Senang Campur Sedih

Kompas.com - 27/11/2023, 12:51 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Pameran BTS Exhibition: Proof in Jakarta yang digelar hingga Minggu (10/12/2023) di Jakarta Selatan, bisa jadi momen berkumpulnya para penggemar boygroup asal Korea Selatan, BTS.

Hanya digelar di beberapa destinasi, seperti Korea, Thailand, Jepang, Taiwan, Hong Kong, dan Indonesia, pameran ini mampu menggaet beberapa ARMY (sebutan untuk penggemar BTS) dari luar negeri.

Baca juga: Ada Pameran BTS di Jakarta, Pajang Barang Asli Penuh Memori

"Ada (pengunjung) yang dari Jepang. Dia juga datang (pameran di Jepang), tapi dia nyamperin ke pameran di banyak negara, kecuali (pameran BTS di) Los Angeles," kata Project Executive BTS Exhibition: Proof in Jakarta, Andina Sabri kepada Kompas.com di lokasi, Jumat (24/11/2023).

Menurut pihak penyelenggara, ada juga pengunjung dari beberapa negara tetangga Indonesia, seperti Malaysia, yang datang ke Jakarta karena relatif lebih dekat dibandingkan pameran di negara lainnya. 

Tak hanya itu, ARMY asal Indonesia juga ada yang mengunjungi beberapa negara demi mengejar suvenir unik namun berjumlah terbatas yang hanya bisa dibeli di pameran.

"Orang Indonesia juga ada yang sebelumnya udah ke Thailand, terus ke sini lagi (pameran di Jakarta). Karena mengejar merchandise beda-beda tiap negara," tutur Andina.

Meski semua pameran resmi BTS di tiap negara memiliki standar yang sama, ada juga sedikit perbedaan.

Contohnya, di spot instalasi kostum anggota BTS yang dipakai di video klip Yet to Come di Thailand berbeda dengan Indonesia.

Baca juga:

Suasana spot untuk berfoto di dalam ruangan BTS Exhibition: Proof in Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARRORROH ITSNAINI Suasana spot untuk berfoto di dalam ruangan BTS Exhibition: Proof in Jakarta, yang digelar di lantai 5 Mal Pondok Indah 3, Jakarta Selatan, pada Jumat (24/11/2023). Pameran ini berlangsung sejak 17 November hingga 10 Desember 2023.

Andina mengatakan, sekitar satu minggu BTS Exhibition: Proof in Jakarta digelar, tepatnya mulai dari Jumat (17/11/2023) hingga Jumat (24/11/2023) depannya, antusiasme pengunjung cukup terlihat. 

"Sudah ada 2.200-an orang, atau total penjualan tiket sampai siang ini (24 November 2023)," ujar dia. 

Harga tiket masuk yang terbilang tidak murah, yakni mulai Rp 450.000, tidak menyurutkan semangat para ARMY untuk datang.

Apalagi, properti di pameran ini semuanya dibawa langsung dari Korea Selatan, resmi dari agensi BTS.

Senang campur sedih

Salah satu pengunjung asal Jakarta Timur, Marsha, misalnya, merasa dirinya lebih dekat dengan BTS melalui pameran ini.

"Exhibition (pameran) ini bagus banget, aku ngerasa vibes (suasana)-nya berasa banget mungkin karena kita juga dilarang untuk dokumentasi jadi lebih fokus sama hal yang ada di sana. Karena ini official (resmi) juga jadi berasa dekat saja sama BTS," jelas Marsha.

Penggemar BTS sejak tahun 2015 ini mengatakan, ia mengetahui informasi pameran dari teman-temannya. Sebagai fans, ia cukup puas karena pameran ini dapat mengobati rindu. 

"Buat teman-teman atau ARMY, kalian pasti happy (senang) campur sedih karena bisa liat foto-foto unreleased (belum dirilis) dan throwback (tapak tilas) ke zaman pas mereka debut. Pokoknya kalau bisa datang, coba deh datang dan rasakan," tutur perempuan 22 tahun ini. 

Baca juga: 4 Tips Berkunjung ke BTS Exhibition: Proof in Jakarta, Datang Lebih Awal

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com