Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara ke Pameran Repatriasi di Galnas Naik KRL dan Transjakarta

Kompas.com - 02/12/2023, 08:37 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Ni Nyoman Wira Widyanti

Tim Redaksi

JAKARTA, KOMPAS.com - Beberapa benda bersejarah milik Indonesia yang ada di Belanda sudah dipulangkan ke Tanah Air. Benda-benda tersebut bisa dilihat di pameran "Repatriasi: Kembalinya Saksi Bisu Peradaban Nusantara" di Gedung A Galeri Nasional Indonesia, Jakarta Pusat.

Berlangsung hingga Minggu (10/12/2023), pameran ini memajang sekitar 152 benda bersejarah, di antaranya Arca Singasari, koleksi Pangeran Diponegoro, Keris Klungkung, serta Pusaka Kerajaan Lombok.

Baca juga: Galeri Nasional di Jakarta Gelar Pameran Koleksi Hasil Repatriasi dari Belanda

Pameran ini terbuka gratis untuk umum mulai pukul 10.00 WIB sampai pukul 20.00 WIB, namun calon pengunjung wajib melakukan registrasi daring terlebih dahulu.

Untuk diketahui, Galeri Nasional Indonesia beralamat Jalan Medan Merdeka Timur Nomor 14, Kecamatan Gambir, Jakarta Pusat.

Jika hendak ke lokasi, calon pengunjung bisa menumpangi transportasi umum KRL Commuter Line dan Transjakarta. Simak panduannya:

Baca juga:

Cara ke pameran Repatriasi di Galeri Nasional naik KRL

Stasiun Gondangdia, salah satu stasiun dekat Monas.Dok. Shutterstock/Cahyadi Sugi Stasiun Gondangdia, salah satu stasiun dekat Monas.

Stasiun KRL terdekat dari lokasi pameran Repatriasi yaitu Stasiun Gondangdia. Jarak kedua lokasi ini sekitar 1,7 kilometer.

Calon pengunjung yang naik KRL dari arah Nambo, Depok, dan Bogor, bisa naik KRL tujuan Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Sebaliknya, calon pengunjung yang datang dari arah Jakarta Kota bisa naik KRL tujuan Stasiun Bogor ataupun Stasiun Manggarai, kemudian turun di Stasiun Gondangdia.

Sementara itu, calon pengunjung yang datang dari arah Cikarang, Bekasi, dan Jatinegara, bisa naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Setelah itu transit naik KRL tujuan Jakarta Kota, lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Calon pengunjung yang datang dari arah Tangerang Selatan dan Rangkasbitung bisa naik KRL ke Stasiun Tanah Abang dahulu.

Di Stasiun Tanah Abang, transit ke peron 2 atau 3, kemudian naik KRL tujuan Stasiun Manggarai. Di Stasiun Manggarai, transit kembali naik KRL tujuan Jakarta Kota lalu turun di Stasiun Gondangdia.

Sampai di Stasiun Gondangdia, perjalanan ke lokasi Pameran Repatriasi bisa dilanjutkan dengan jalan kaki sekitar 15 menit, atau naik ojek online (daring) sekitar lima menit.

Baca juga:

Halaman:


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com