Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru 2024 Diprediksi Sumbang 107 Juta Pergerakan Wisnus, Ini Destinasi Favorit

Kompas.com - 01/12/2023, 18:06 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Momentum libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024 diprediksi mampu menciptakan pergerakan wisatawan nusantara (wisnus) hingga sebanyak 107 juta pergerakan.

Seperti disampaikan oleh Wakil Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Wamenparekraf) Angela Tanoesoedibjo, momen Nataru menjadi salah satu momen peak season yang penting untuk pergerakan wisnus.

“Momen Nataru sangat penting untuk kami bisa mencapai (target) karena ini salah satu peak season ya kalau bicara sektor pariwisata dan kalo bisa mendulang 104-107 juta (pergerakan) sendiri untuk nataru,” ujar Angela saat pembukaan #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 di Jakarta Barat, Jumat (1/12/2023).

Baca juga: Jelang Libur Nataru, Ada Tarif Promo LRT Jabodebek mulai 1 Desember

Lebih lanjut, kata dia, angka tersebut diharapkan dapat membantu target 1,2-1,4 miliar pergerakan wisnus pada akhir 2023. Adapun per kuartal 3 tahun 2023, sudah ada pergerakan sekitar 625 juta pergerakan.

“Tentunya kami juga terus menggalakkan kolaborasi dengan seluruh stakeholder semoga tahun depan terus meningkat,” imbuhnya.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Berdasarkan data Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melalui Badan Kebijakan Transportasi (BKT), potensi pergerakan masyarakat pada masa libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 diprediksi mencapai 107,63 juta orang atau 39,83 persen dari total populasi nasional.

"Libur Natal dan tahun baru pada tahun lalu diprediksi yang melakukan pergerakan 44,17 juta orang, sementara tahun ini diprediksi 107,63 juta orang. Jadi, meningkatnya sangat signifikan di atas seratus persen (143,65 persen)," kata Menhub Budi Karya Sumadi, dikutip dari Kompas.com (20/11/2023).

Destinasi wisata populer saat Nataru 2024

Sementara itu, Ketua Umum DPP Asosiasi Travel Agent Indonesia (ASTINDO) Pauline Suharno mengatakan ada beberapa destinasi yang masih jadi primadona saat Nataru.

“Kalau untuk yang destinasi populer masih Bali dan Yogyakarta, dan Labuan Bajo itu udah picking up, terus Belitung juga masih,” ujarnya.

Tugu Jogja.Shutterstock Tugu Jogja.

Manado, kata dia, sebenarnya juga ramai saat libur Natal. Namun, salah satu kendala adalah karena mahalnya tiket menuju ibu kota Sulawesi Utara tersebut.

“Jadi jarang sekali orang yang mau ke sana, kecuali yang memang pulang kampung ya,” imbuh Pauline.

Selain itu, ia menjelaskan, Kota Medan dan sekitarnya juga akan diminati saat Nataru karena banyak masyarakat yang pulang kampung. Termasuk salah satunya Danau Toba.

Baca juga: Tiket Kapal Pelni untuk Nataru 2024 Sudah Tersedia

Sementara, untuk destinasi luar negeri selama Nataru, juga masih diungguli beberapa negara populer.

“Thailand masih, Vietnam masih, Jepang, Korea masih, Eropa juga masih, cuma kendala ke Eropa tuh masalah visa,” tutur Pauline.

Untuk libur panjang Nataru 2024, ia menyebut negara-negara Eropa masih menjadi favorit, namun visa harus disiapkan jauh-jauh hari karena membutuhkan persiapan dan waktu lama.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.



Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com