Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kapal Pelni untuk Nataru 2024 Sudah Tersedia

Kompas.com - 28/11/2023, 21:01 WIB
Hadi Maulana,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

BATAM, KOMPAS.com – PT Pelayaran Nasional Indonesia atau PT Pelni (Persero) memastikan, tiket Kapal milik Pelni untuk periode libur Natal dan Tahun Baru 2024 sudah dibuka dan sudah bisa dipesan.

“Untuk Anda yang ingin liburan menggunakan kapal Pelni, sudah bisa dipesan mulai hari ini,” kata Kepala Kesekretariatan Perusahaan Pelni Evan Eryanto melalui keterangan tertulis yang diterima kompas.com, Selasa (28/11/2023).

Ia melanjutkan, sebenarnya tiket kapal Pelni ini sudah bisa diperoleh sejak 17 November 2023, tetapi saat itu belum maksimal.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelni Tambah Kapal Rute Kepulauan Riau

“Nah untuk saat ini, sudah bisa dipesan untuk tujuan mana saja, khususnya Kepulauan Riau (Kepri),” ungkap Evan.

Evan mengungkapkan, selain di konter pelayanan kantor cabang Pelni yang ada di sejumlah daerah, tiket kapal Pelni juga bisa diperoleh di Pelni Mobile Apps maupun saluran penjualan tiket online dan mitra penjualan tiket yang resmi bekerja sama dengan Pelni.

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

"Dengan pertimbangan keamanan dan kenyamanan, tiket Kapal Pelni untuk seluruh tujuan se-Indonesia sudah bisa diakses melalui Pelni Mobile Apps. Tidak perlu repot-repot lagi, cukup dari rumah atau kantor sudah bisa memesan tiket kapal Pelni," jelas Evan.

Persiapan Pelni untuk Nataru 2024

Evan menginformasikan, Pelni sendiri mempersiapkan 26 kapal penumpang dan 42 kapal perintis dengan total kapasitas 51.296 tempat duduk.

Pelni menetapkan, periode Nataru dimulai pada 11 Desember 2023 hingga 8 Januari 2024 dengan puncak perjalanan diprediksi terjadi pada 22 Desember 2023 dan puncak kepulangan pada 4 Januari 2024.

Baca juga: Harga Tiket Kapal Pelni di Batam Naik hingga 23 Persen

Evan mengingatkan pelanggan yang berangkat dari wilayah yang diproyeksikan menjadi ruas terpadat untuk segera memesan tiket keberagkata agar tidak kehabisan.

“Ada 10 rute terpadat, yakni Batam-Belawan, Belawan-Batam, Batam-Tanjung Priok, Bau Bau-Makassar, Makassar-Bau Bau, Makassar-Surabaya, Surabaya-Makassar, Jayapura-Biak, Balikpapan-Pare Pare, dan Sorong-Ambon," ujar Evan.

Khusus untuk calon penumpang yang berangkat dari Jakarta, Surabaya, dan Makassar, pihaknya mengingatkan kembali bahwa tiket hanya bisa didapat secara online melalui Pelni Mobile Apps maupun website yang sudah berlaku per 1 November 2023.

KM Bukit Siguntang saat bersandar di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Kaltara. Salah satu kapal Pelni yang melayani rute Nunukan, samarinda hingga ke Indonesia TimurDok. Dwi Cahyono KM Bukit Siguntang saat bersandar di Pelabuhan Tunon Taka Nunukan Kaltara. Salah satu kapal Pelni yang melayani rute Nunukan, samarinda hingga ke Indonesia Timur

"Sementara untuk kota lain, masih dapat membeli tiket di loket kantor cabang Pelni, meski kami mendorong untuk pembelian secara online," papar Evan.

Meski tidak dapat lagi membeli langsung, loket di kantor cabang Pelni di Jakarta, Surabaya dan Makassar tetap melayani pelanggan untuk kebutuhan pengembalian dana atau refund, pertanyaan seputar rute dan jadwal kapal hingga keberangkatan rombongan.

Evan menyampaikan bahwa manajemen menargetkan penutupan layanan pembelian tiket melalui loket akan diperluas ke cabang lainnya pada tahun 2024.

Beli tiket kapal Pelni via aplikasi

Pelni Mobile Apps sendiri merupakan inovasi berbasis digital yang dilakukan Pelni untuk memberikan kemudahan kepada pelanggannya.

Melalui aplikasi yang dapat diunduh di Playstore dan AppStore ini, pelanggan dapat mengetahui rute dan jadwal kapal Pelni hingga melakukan booking tiket maupun kargo dengan tujuan seluruh wilayah di Indonesia.

Baca juga: Jelang Natal dan Tahun Baru, Pelni Tambah Kapal Rute Kepulauan Riau

“Diiimbau kepada pelanggan yang melakukan pemesanan tiket untuk memasukan identitas diri sesuai dengan data penumpang yang akan berangkat," tutur Evan,

Menurut dia dengan transformasi bisnis dan digital yang dilakukan Pelni, proses embarkasi penumpang di pelabuhan dilakukan lebih tertib dengan memastikan kecocokan identitas penumpang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com