Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

India Peringkat 6 Negara Penyumbang Turis Asing Terbanyak ke Indonesia

Kompas.com - 03/12/2023, 16:46 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Penerbangan langsung India-Indonesia pergi-pulang (PP) kembali dibuka. Terbaru, maskapai panaerangan Vistara membuka rute New Delhi-Denpasar yang mulai terbang pada 1 Desember 2023.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno menyambut baik penerbangan langsung tersebut yang akan memperkuat kunjungan turis asing khususnya India sebagai salah satu pasar terbesar turis ke Indonesia.

“Pascapandemi dan berangsur pulihnya ekonomi dunia, Bali masih menjadi destinasi primadona bagi wisatawan mancanegara asal India. Sehingga adanya penerbangan langsung ini menjadi stimulus besar bagi kunjungan wisatawan mancanegara di penghujung tahun 2023 dan seterusnya,” ujar Sandiaga dalam keterangan tertulis yang diterima Kompas.com, Sabtu (2/12/2023).

Baca juga: Penerbangan Langsung India-Bali Diharapkan Naikkan Kunjungan Wisman 25 Persen

Dibukanya penerbangan langsung dari India ke Bali PP sejalan dengan fakta bahwa India berada di peringkat kedua penyumbang turis asing terbanyak ke Bali, dengan total 360.415 kunjungan selama Januari hingga Oktober 2023.

Sementara di skala nasional, India menempati urutan keenam negara penyumbang turis asing terbanyak ke Tanah Air.

Angkanya mencapai 444.768 kunjungan hingga September 2023.

“Selain unggul menempati peringkat kedua kunjungan wisatawan mancanegara di Bali, India juga menempati peringkat enam kunjungan wisman ke Indonesia secara keseluruhan dengan 444.768 kunjungan hingga September 2023. Adanya kemudahan konektivitas ini tentunya senantiasa kami dukung secara berkelanjutan, sehingga dapat bertahan dan terus bertambah kedepannya,” ungkap Deputi Bidang Pemasaran Kemenparekraf, Ni Made Ayu Marthini.

Baca juga: AirAsia Tunda Pindah Penerbangan Domestik ke Terminal 2 Bandara Soekarno-Hatta

Untuk diketahui, saat ini ada sejumlah maskapai yang melayani penerbangan langsung dari India ke Indonesia PP.

Selain Vistara, maskapai penerbangan asal India lainnya, IndiGo juga telah membuka penerbangan ke Indonesia dengan rute Jakarta-Mumbai. Adapula maskapai Batik Air yang membuka rute Chennai-Kualanamu.

@kompastravel Membalas @fin.458_ Kurang lebih seperi itu guys etika menggunakan travelator. Pada intinya balik lagi kepada aturan yang telah ditetapkan di tempat kamu berada. Happy traveling ya guys! #travelerlife #traveldiaries #airportlife #solotrip #bandarasoekarnohatta ? Obituary - Alexandre Desplat
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com