Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Api Berangkat dari DAOP 6 Baru Terisi 34 Persen

Kompas.com - 07/12/2023, 11:51 WIB
Wisang Seto Pangaribowo,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Jelang libur Natal dan tahun baru 2024, okupansi atau tingkat keterisian perjalanan kereta api yang dioperasikan oleh DAOP 6 Yogyakarta baru menentuh angka 34 persen.

Terkait hal ini, PT KAI mengimbau masyarakat yang hendak bepergian ke kota favorit seperti Jakarta, Bandung, Madiun, Surabaya, dan Malang dapat merencanakan perjalanan dengan baik.

Saat ini, tiket keberangkatan awal Stasiun DAOP 6 masih tersedia untuk periode liburan 21 Desember 2023 hingga 7 Januari 2024.

"Untuk okupansi KA DAOP 6 atau keberangkatan awal stasiun DAOP 6 sudah terjual sebanyak 108.411 tempat duduk atau 34 persen dari total kapasitas yang disediakan selama masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024," kata Manajer Humas PT KAI DAOP 6 Yogyakarta, Krisbiyantoro dalam keterangan tertulis, Kamis (7/12/2023).

Baca juga: 9 Stasiun yang Pakai Face Recognition, Naik Kereta Cukup Pindai Wajah

Adapun pada periode tersebut, Daop 6 menyediakan 27 KA reguler dengan 486 perjalanan dan 4 KA tambahan dengan 72 perjalanan dengan total 313.844 tempat duduk. 

Namun demikian, okupansi relasi KA seperti Sri Tanjung relasi Stasiun Lempuyangan-Ketapang dan Bengawan relasi Stasiun Purwosari-Pasarsenen sudah mencapai 100 persen.

"Itu berarti menunjukkan permintaan yang tinggi dari masyarakat terhadap KA tersebut di masa Angkutan Natal dan Tahun Baru 2023/2024 ini," kata dia.

Sementara okupansi relasi KA lainnya berangsur naik, apalagi pada tanggal-tanggal favorit. DAOP 6 memprediksi puncak libur Nataru 2023/2024 terjadi pada Senin 1 Januari 2024.

Baca juga: Ini Tanggal dan Relasi Favorit Penumpang Kereta Nataru 2023

Selain mengimbau untuk merencanakan perjalanan sebaik mungkin, KAI juga meminta masyarakat lebih teliti dalam memasukkan informasi data diri.

"Pada saat melakukan pemesanan tiket, masyarakat diimbau untuk lebih teliti dalam menginput tanggal, pemilihan rute, dan memasukkan data diri," tuturnya.

@kompastravel Yang suka eksplor, coba yuk main ke stasiun paling ujung barat Pulau Jawa! Namanya Stasiun Merak.. Engga hanya angkut penumpang dan produk hasil bumi, Stasiun Merak juga menjadi titik awal keberangkatan kereta pengangkut batubara dari Sumatera loh.. Mau coba ke sini? Kamu bisa naik KRL, turun di Staisun Rangkasbitung lalu nyambung kereta api lokal ke Stasiun Merak. Selamat mencoba! #stasiunmerak #bantenhits #explorebanten #wisatabanten #infobanten ? original sound - Travel Kompascom
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com