Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PHRI Bantul: Pemesanan Hotel untuk Libur Akhir Tahun Sudah 70 persen

Kompas.com - 07/12/2023, 16:01 WIB
Markus Yuwono,
Nabilla Tashandra

Tim Redaksi

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kabupaten Bantul, Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) menyebutkan, tingkat pemesanan hotel untuk periode 15 Desember 2023 hingga 2 Januari 2024 sudah mencapai 70 persen.

Diharapkan, okupansi menjelang hari H dapat mencapai 100 persen.

"Laporan sementara sudah 70 persen. Harapannya seperti tahun lalu, semakin mendekati libur Natal dan tahun baru tingkap okupansi hotel bintang dan non bintang seperti homestay juga mencapai 100 persen," kata Ketua PHRI Bantul, Yohanes Hendra Dwi Utomo saat dihubungi wartawan, Kamis (7/12/2023). 

Baca juga: 15 Wisata Bantul Yogyakarta dengan Pemandangan Alam Instagramable

Adapun libur akhir tahun juga bertepatan dengan masa kampanye. Kendati demikian, hal itu menurutnya tidak berdampak kunjungan wisata.

Ia berharap, masa kampanye tetap menjaga situasi aman dan damai sehingga wisatawan nyaman berkunjung ke Bantul.

Adapun Kasi Promosi dan Pelayanan Informasi, Dinas Pariwisata Bantul, Markus Purnomo Adi secara terpisah mengatakan, kunjungan wisatawan pada 27 November hingga 3 Desember berjumlah 36.503 orang, dengan pemasukan Pendapatan Asli Daerah (PAD) mencapai Rp 295 juta.

Sementara pada 20-26 November jumlah kunjungan wisatawan mencapai 43.804 orang, dengan pemasukan PAD mencapai Rp 424 juta.

"Awal bulan Desember, kunjungan wisatawan turun sekitar 16,7 persen. Dugaan penurunan karena bersamaan dengan masa ujian semester anak sekolah," kata Ipung, sapaan akrab Markus.

Baca juga: 8 Tempat Wisata Anak Gratis di Yogyakarta, Bisa Sambil Belajar

Meski nanti tidak menggelar acara khusus untuk menyambut wisatawan, tetapi pihaknya tetap berharap promosi wisata dapat dimaksimalkan.

"Kita berupaya mencapai target PAD tahun 2023. Sampai bulan Oktober lalu sudah mencapai 78,46 persen," kata dia.

@kompastravel Rekomendasi baru untuk akhir pekan kamu! Menara Langit Merapi. Dari spot ini kita bisa lihat view yang begitu cantik nan hijau dari ketinggian. Selain itu, kamu bisa menyaksikan indahnya Gunung Merapi, Gunung Merbabu, Perbukitan Menoreh, hingga Gunung Sindoro-Sumbing di ujung cakrawala barat. Tertarik untuk berkunjung ke sini? Save dulu aja dan tag teman kamu! #wisatalebaran #exploremagelang #wisatamagelang ? Lofi Vibes - Gentle State
Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com