Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panduan Wisata Kano Mangrove Baros Yogyakarta 

Kompas.com - 26/11/2023, 20:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Bagi pencinta wisata alam, wajib menjajal obyek wisata satu ini, yaitu wisata Kano Mangrove Baros Yogyakarta. Sesuai namanya, obyek wisata ini menawarkan pengalaman susur Sungai Baros naik kano.

Ketua Pengelola Wisata Kano Mangrove Baros, Ari Saputro mengatakan, obyek wisata ini baru buka pada 7 Agustus 2022 lalu. Meskipun demikian, wisata yang dikelola oleh masyarakat sekitar ini viral di media sosial sehingga banyak pengunjung.

“Wisata dengan konsep susur sungai naik kano seperti ini, ternyata satu-satunya di Yogyakarta, jadi banyak banget peminat dari luar kota yang mau naik kano di sini,” ujarnya saat dihubungi Kompas.com, Sabtu (25/11/2023).

Baca juga:

Daya tarik Wisata Kano Mangrove Baros adalah pengalaman menyusuri Sungai Baros sembari menikmati panorama alam yang indah.

Ari menuturkan, sepanjang perjalanan wisatawan bisa menjumpai hutan mangrove, pohon cemara, tanaman herbal, pohon pandan, bangunan irigasi peninggalan Belanda, dan panorama matahari terbenam (sunset).

“Wisatawan juga bisa melihat hewan liar, karena kawasan ini adalah area konservasi, jadi hewan dan tumbuhan benar-benar dijaga,” jelasnya.

Jika ingin mencoba, Kano Mangrove Baros berada sekitar 300 meter dari Jembatan Kretek 2. Tepatnya di Kalurahan Tirtohargo, Kretek, Bantul, Yogyakarta.

Sebelum berkunjung, simak panduan wisata Kano Mangrove Baros Yogyakarta berikut ini.

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros 

Wisata Kano Mangrove Baros, di Kretek, Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan kegiatan susur sungai sembari melihat hutan mangrove dan panorama sunset. 
Dok. Wisata Kano Mangrove Baros Wisata Kano Mangrove Baros, di Kretek, Bantul, Yogyakarta, yang menawarkan kegiatan susur sungai sembari melihat hutan mangrove dan panorama sunset.

Harga tiket Wisata Kano Mangrove Baros dibagi menjadi dua kategori, yakni paket Rp 25.000 dan Rp 50.000 per orang.

Untuk paket senilai Rp 25.000, wisatawan akan diajak menyusuri Sungai Baros selama 30 menit. Selain itu, wisatawan mendapatkan fasilitas kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan pemandu. 

Sepanjang perjalanan, wisatawan bisa menyaksikan pemandangan pohon cemara di kiri dan kanan sungai.

Sementara itu, paket senilai Rp 50.000 mencakup perjalanan menyusuri Sungai Baros selama satu jam. Serupa, wisatawan mendapatkan fasilitas kano, dayung, pelampung, helm, sepatu, dan pemandu, ditambah dengan gratis air mineral dan mi instan.

Bedanya, wisatawan bisa menyaksikan lebih banyak panorama, meliputi pohon cemara, banguanan irigasi peninggalan Belanda, kawasan hutan mangrove, tumbuhan herbal, pohon pandan, dan panorama sunset.

Meskipun ada durasi, namun menurut Ari, pihak pengelola tidak kaku dalam mematok waktu 30 menit atau satu jam lantaran menyesuaikan fisik wisatawan.

“Fisik setiap orang beda-beda, kalau matok durasi satu jam harus kembali lagi, biasanya wisatawan enggak mampu fisiknya, jadi risikonya malah tinggi,” tuturnya.

Baca juga:

Jam buka Wisata Kano Mangrove Baros

Obyek wisata ini buka setiap hari. Jam buka Wisata Kano Mangrove Baros dari mulai pukul 08.00 WIB sampai 15.00 WIB.

“Pukul 15.00 WIB waktu untuk start terakhir,  karena kalau start terlalu sore maka selesainya bisa malam. Kalau start terakhir pukul 15.00 WIB bisa selesai 17.00 WIB,” jelas Ari.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com