Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tiket Kereta Diskon 25 Persen di #DiIndonesiaAja Travel Fair, Yogyakarta Jadi Favorit

Kompas.com - 02/12/2023, 20:08 WIB
Faqihah Muharroroh Itsnaini,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Dalam gelaran pameran perjalanan #DiIndonesiaAja Travel Fair (DIATF) kedua pada tahun 2023, kereta api tujuan Yogyakarta dari Jakarta menjadi salah satu rute paling populer. 

Memberikan diskon 25 persen ke sejumlah rute, tenant PT KAI di #DiIndonesiaAja Travel Fair nampak diburu pengunjung pada hari pertama, Jumat (1/12/2023).

Pantauan Kompas.com di lapangan dari pagi hingga malam, tampak pengunjung membentuk antrean khusus.

Baca juga: #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023 Resmi Digelar, Dorong Pergerakan Wisnus

Pelaksana Angkutan Penumpang PT KAI Daop 1 Jakarta bernama Diah mengatakan bahwa secara kasat mata, rute Jakarta-Yogyakarta banyak diburu. 

"Kalau hari pertama ini, Jumat (1/12/2023), paling banyak (pengunjung yang pesan) ke Yogyakarta. Paling ramai itu pertama Yogyakarta, kedua Malang, ketiga Surabaya atau Semarang juga banyak yang nyari," kata Diah kepada Kompas.com di lokasi, Jumat. 

Selain Jawa Tengah dan Yogyakarta, untuk wilayah Jawa Timur banyak pengunjung yang mencari tiket Malang dan Surabaya. 

"Diskon 25 persen, jadi untuk range harga tergantung kelasnya. Rata-rata harga tiket kereta api Eksekutif dari Rp 600.000an lebih jadi Rp 330.000-an, kalau Ekonomi dari Rp 300.000an jadi Rp 164.000an," imbuhnya. 

#DiIndonesiaAja Travel Fair digelar 1-3 Desember di Mall Central Park, Jakarta Barat. Suasana hari pertama travel fair yang cukup ramai, pada Jumat (1/12/2023).KOMPAS.com/FAQIHAH MUHARROROH ITSNAINI #DiIndonesiaAja Travel Fair digelar 1-3 Desember di Mall Central Park, Jakarta Barat. Suasana hari pertama travel fair yang cukup ramai, pada Jumat (1/12/2023).

Sebagai informasi, PT Kereta Api Indonesia (KAI) menawarkan promo diskon tiket 25 persen di DIATF 2023, untuk penumpang kereta api kelas eksekutif, bisnis, dan ekonomi. 

Harga tiket kereta api promo hanya dapat dibeli selama pameran berlangsung yaitu 1-3 Desember di Mall Central Park, Jakarta Barat. Untuk keberangkatan mulai 4 Desember 2023 sampai Januari 2024. 

Baca juga: Aneka Paket Wisata #DiIndonesiaAja Travel Fair 2023, Banda Neira Rp 2,4 Jutaan

Beberapa rute yang tersedia antara lain Singasari relasi Pasarsenen – Blitar PP, Taksaka relasi Gambir – Yogyakarta PP, Tawang Jaya relasi Pasarsenen – Semarang Poncol PP, Tawang Jaya Premium relasi Pasarsenen – Semarang Tawang Bank Jateng PP, Tegal Bahari relasi Pasarsenen – Tegal PP, dan Turangga relasi Bandung – Surabaya Gubeng PP. 

Dapat tiket Kediri-Cirebon

Sampai malam, rupanya para pengunjung masih cukup banyak yang berburu tiket kereta api. Ditemu saat antrean sudah sepi sekitar pukul 21.30 WIB, pengunjung asal Jakarta bernama Fauzan mengaku puas bisa mendapatkan tiket kereta api promo. 

"Emang sengaja (ke sini) mau beli tiket. Saya beli tiket (rute) Kediri-Cirebon Eksekutif, harga normalnya Rp 490.000, dapat harga tadi Rp 367.000, beli 2 tiket," ujar Fauzan. 

Ilustrasi kereta api. Dok. PT KAI Ilustrasi kereta api.

Pembelian dua tiket tersebut, katanya, adalah untuk keberangkatan tanggal 6 Januari 2023. Dalam rangka liburan sekaligus kepulangan adiknya dari kursus di Pare, Kediri. 

Bisa hemat total Rp 246.000 untuk dua tiket kereta api Eksekutif, ia cukup puas dan tidak berniat berburu promo kereta api rute lainnya. 

Baca juga: DAOP 7 Madiun Siapkan Tambahan Kereta untuk 5 Rute Favorit

"Tiket berangkatnya udah dipesanin. Nah karena tadi ada kegiatan dekat kantor, yaudah ke sini aja (sekalian) beli tiket. Cukup sih, besok enggak nyari tiket yang lain, (kebutuhannya) ini saja," pungkasnya. 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com