Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Libur Nataru 2024, Tarif Jip Wisata Lava Tour Merapi Tidak Naik

Kompas.com - 08/12/2023, 16:04 WIB
Wijaya Kusuma,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

YOGYAKARTA,KOMPAS.com - Selama libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, tarif jip wisata lava tour Merapi masih tetap sama atau tidak ada kenaikan.

Berbagai persiapan pun dilakukan untuk menyambut kunjungan wisatawan, mulai dari cek armada hingga edukasi keselamatan. 

"Selama libur Nataru tidak ada kenaikan harga, masih tetap sama," ujar Ketua Asosiasi Jeep Wisata Lereng Merapi (AJWLM) Dardiri kepada Kompas.com, Jumat (8/12/2023). 

Baca juga: Rute dan Harga Terbaru Paket Jip Wisata Lava Tour Merapi

Dardiri menyampaikan, tidak ada paket khusus yang ditawarkan selama libur Natal dan Tahun Baru. Saat ini ada lima paket yang ditawarkan untuk para wisatawan. 

"Paket ada lima. Termurah Rp 400.000. Termahal Rp 800.000. Kalau Nataru biasanya banyak yang mengambil paket Rp 800.000 karena itu sampai petilasan makam Mbah Maridjan," bebernya. 

Persiapan Lava Tour Merapi sambut Nataru 2024

Menurut Dardiri berbagai persiapan dilakukan untuk menyambut kunjungan wisatawan pada libur Nataru 2024. Persiapan tersebut salah satunya pengecekan armada jip. 

Diungkapkan Dardiri, dari data AJWLM ada lebih dari 1.000 armada jip. Kondisinya saat ini jauh lebih baik dari pada tahun-tahun sebelumnya. 

Baca juga: 5 Tips Berkunjung ke Museum Petilasan Mbah Maridjan, Sekalian Lava Tour

"Ya kalau untuk pengecekan itu belum lama sudah kita cek. Armada itu udah jauh lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya," tandasnya. 

Selain itu, dalam waktu dekat ini juga akan ada sosialisasi dan edukasi kepada pamandu terkait dengan keselamatan. Kemudian akan dilakukan juga pengecekan jalur atau rute. 

Merapi lava tourKompas.com/Ari Prasetyo Merapi lava tour

"Edukasi tentang keselamatan, sistem dan tata cara mengemudi yang benar. Intinya kita memberikan edukasi tentang keselamatan," tegasnya. 

Peningkatan kunjungan wisatawan lanjut Dardiri sudah mulai sejak awal bulan Desember ini. Kunjungan wisatawan didominasi oleh rombongan anak sekolah. 

Baca juga: Itinerary 3 Hari 2 Malam di Yogyakarta, Ada Lava Tour Merapi

"Sebetulnya Desember ini sudah mulai, awal Desember rombongan anak-anak itu sudah mulai ramai," pungkasnya.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com