Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

6 Wisata Perosotan Pelangi di Jawa Tengah, Meluncur di Hutan Pinus

Kompas.com - 10/12/2023, 17:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Perosotan pelangi atau dikenal sebagai rainbow slide menjadi tren baru wahana di sejumlah tempat wisata. Jika kamu penasaran menjajal keseruannya saat libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) 2024, berikut daftar wahana perosotan pelangi di Jawa Tengah. 

Pengunjung bisa merasakan keseruan meluncur di perosotan raksasa dengan menaiki ban atau alat bantu lainnya. Selain seru, perosotan pelangi ini cukup Instagramable karena menawarkan warna-warna cerah, seperti merah, kuning, dan hijau. 

Tidak sedikit wisatawan yang mengabadikan momentum keseruan naik perosotan pelangi. Perosotan pelangi juga dapat dinikmati wisatawan berbagai usia, dari anak-anak hingga dewasa. 

Baca juga:

Wahana perosotan pelangi di Jawa Tengah 

Kompas.com merangkum sejumlah destinasi wisata yang menyediakan wahana perosotan pelangi di Jawa Tengah, sebagai berikut: 

1. Dusun Semilir, Semarang

Wahana perosotan pelangi di Dusun Semilir, Semarang, Jawa Tengah. Shutterstock/ Faris Fitrianto Wahana perosotan pelangi di Dusun Semilir, Semarang, Jawa Tengah.

Dusun Semilir merupakan obyek wisata populer di Semarang dan sekitarnya. Obyek wisata ini, memiliki wahana permainan ikonik yakni perosotan pelangi setinggi 30 meter, dikutip dari Kompas.com (11/12/2022). 

Pengunjung akan merasakan sensasi meluncur dari ketinggian melalui lintasan sepanjang sekitar 130 meter. Namun, tidak semua pengunjung bisa naik perosotan pelangi Dusun Semilir karena ada batasan penumpang, salah satunya berat badan maksimal 85 kilogram (km). 

Selain perosotan pelangi, Dusun Semilir memiliki wahana seru lainnya seperti Dusun Salju, panahan, ATV, sepeda listrik, playground, dan lainnya. Dusun Semilir berlokasi di  Jalan Soekarno - Hatta Nomor 49, Bawen, Kabupaten Semarang. 

2. Borobudur Land, Magelang

Potret wisatawan di wahana Rainbow Slide, Borobudur Land.Dok. Instagram Borobudur Land/ @episode.gamadi Potret wisatawan di wahana Rainbow Slide, Borobudur Land.

Borobudur Land merupakan obyek wisata di Desa Wringinputih, Kecamatan Borobudur, Kabupaten Magelang, Jawa Tengah. Destinasi yang baru buka pada 15 April 2023 ini, berlokasi sekitar sepuluh menit dari Candi Borobudur. 

Berdasarkan informasi dari Kompas.com (5/4/2023), Borobudur Land mengusung konsep wisata rekreasi dengan aneka wahana. Salah satu wahannya adalah perosotan pelangi yang pertama hadir di Magelang. 

Selain itu, pengunjung bisa menjajal wahana seperti monorail, kursi terbang, kolam renang, dan sebagainya. Borobudur Land juga dilengkapi dengan beragam spot foto Instagramable. 

3. Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas  

Wahana perosotan di Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas, Jawa Tengah.Dok. Hutan Pinus Limpakuwus Wahana perosotan di Hutan Pinus Limpakuwus, Banyumas, Jawa Tengah.

Wisata Hutan Pinus Limpakuwus berlokasi di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Berdasarkan informasi dari Kompas.com (2/11/2023), obyek wisata ini dilengkapi dengan sembilan wahana, salah satunya yakni perosotan pelangi. 

Uniknya, wisatawan bisa meluncur di tengah hutan pinus yang asri. Berada di kaki Gunung Slamet, Hutan Pinus Limpakuwus menawarkan udara sejuk. 

Obyek wisata ini buka setiap hari, dari pukul 07.30 WIB hingga 16.30 WIB. Harga tiket masuk Hutan Pinus Limpakuwus dibanderol Rp 17.500 per orang.

Baca juga:

 

 
 
 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com