Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masjid Megah dengan Arsitektur Unik di Indonesia, Pas untuk Wisata Religi

Kompas.com - 12/12/2023, 07:07 WIB
Anggara Wikan Prasetya

Penulis

KOMPAS.com – Masjid memang merupakan tempat ibadah umat Islam. Namun, ada masjid-masjid yang bisa sekalian untuk wisata religi.

Masjid-masjid semacam itu biasanya memiliki arsitektur yang megah atau unik, sehingga bisa jadi latar berfoto jemaah, sekaligus beribadah tentunya.

Jika kamu berencana untuk mengunjungi masjid-masjid dengan arsitektur megah dan unik di Indonesia, berikut Kompas.com rangkum daftarnya:

1. Masjid Raya Sheikh Zayed, Kota Solo

Kota Solo punya masjid megah dengan arsitektur khas Timur Tengah, yakni Masjid Raya Sheikh Zayed.

Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo usai peresmian pada Senin (14/11/2022).KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Masjid Raya Sheikh Zayed Kota Solo usai peresmian pada Senin (14/11/2022).

Masjid ini merupakan hadiah dari Presiden Uni Emirat Arab (UEA) Mohammed bin Zayed Al Nahyan (MBZ) untuk Presiden RI Joko Widodo sebagai simbol persahabatan UEA dan Indonesia.

Baca juga: Cara Laporkan Juru Parkir Nakal Sekitar Masjid Sheikh Zayed Solo yang Beri Tarif Tak Sesuai Ketentuan

Masjid ini dibangun megah dengan arsitektur menyerupai Sheikh Zayed Grand Mosque di Abu Dhabi, UEA. Lokasi masjid dekat dengan Stasiun Solobalapan dan Terminal Tirtonadi.

2. Masjid Al Jabbar, Bandung

Masjid megah selanjutnya ada di Jawa Barat, yakni Masjid Al Jabbar, Bandung. Dilansir dari laman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf), masjid ini terinspirasi dari rumus Aljabar, sehingga punya ornamen yang simetris dan geometris di tiap sisinya.

Masjid Al JabbarNippon Paint Masjid Al Jabbar

Masjid ini punya atap tumpuk berbentuk kerucut dengan kaca aneka warna, sehingga tampak megah. Terdapat 27 pintu di masjid ini dengan ukiran khas, menyimbolkan 27 kabupaten dan kota di Jawa Barat.

Baca juga: Masjid Al Jabbar Kini Punya Galeri Rasulullah dan Sejarah Islam Nusantara

Masjid Al Jabbar mampu menampung hingga 30.000 jemaah. Fasilitasnya pun lengkap, seperti museum dan galeri edukasi tentang Islam. 

3. Masjid Menara Kudus

Masjid kali ini punya arsitektur yang unik, yakni terdapat menara berbentuk seperti candi zaman kerajaan Hindu.

Masjid Menara Kudus.KOMPAS.com/ANGGARA WIKAN PRASETYA Masjid Menara Kudus.

Menara masjid ini biasa menjadi latar belakang foto wisatawan yang sedang berkunjung ke Kudus.

Baca juga: Aktivitas di Masjid Menara Kudus, Shalat hingga Ziarah

Selain masjidnya yang unik, di sebelah barat masjid ini juga terdapat makam salah satu Wali Sanga, yakni Sunan Kudus.

4. Masjid Kubah 99, Makassar

Masjid dengan arsitektur unik juga banyak yang terdapat di luar Pulau Jawa, salah satu contohnya adalah Masjid Kubah 99 di Kota Makassar, Ibu Kota Sulawesi Selatan.

Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang berlokasi di kawasan reklamasi Center Point Indonesia (CPI), Makassar bakal mulai dimanfaatkan untuk masyarakat muslim melaksanakan ibadah perdana, Sabtu besok, (12/3/2022).KOMPAS.COM/HENDRA CIPTO Masjid Kubah 99 Asmaul Husna yang berlokasi di kawasan reklamasi Center Point Indonesia (CPI), Makassar bakal mulai dimanfaatkan untuk masyarakat muslim melaksanakan ibadah perdana, Sabtu besok, (12/3/2022).

Masjid yang diarsiteki Ridwan Kamil ini memiliki 99 kubah yang melambangkan Asmaul Husna atau 99 nama Allah. Kubah ini tampak indah karena terdiri dari perpaduan warna merah, kuning, dan oranye.

Baca juga: 25 Tempat Wisata Makassar, Ada Pantai dan Bangunan Bersejarah

Masjid Kubah 99 berada di kawasan wisata Pantai Losari, sehingga pas dikunjungi usai puas menikmati keindahan pantai itu.

5. Masjid Raya Sumatera Barat

Bentuk suatu masjid tidak melulu harus dengan kubah. Bentuk masjid ternyata bisa disesuaikan dengan ciri khas suatu daerah.

Masjid Raya Sumatera BaratDokumentasi PT Urbane Indonesia Masjid Raya Sumatera Barat

Contohnya adalah Masjid Raya Sumatera Barat yang berada di Kota Padang. Arsitektur masjid ini berbentuk seperti rumah gadang.

Masjid Raya Sumatera Barat pada tahun 2021 juga terpilih sebagai salah satu masjid dengan arsitektur terbaik di dunia versi Abdullatif Al-Fozan Award. 

Baca juga: Masuk Masjid Wonderful Indonesia, Masjid Raya Sumatera Barat Kini Makin Indah

Masjid Raya Sumatera Barat mendapatkan penghargaan sebagai salah satu dari 7 masjid dengan arsitektur terbaik di dunia dan bersaing dengan 201 masjid di 43 negara seluruh dunia.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com