Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

5 Masjid di Makassar yang Unik dan Megah 

Kompas.com - 18/09/2023, 14:05 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Tak hanya terkenal dengan pantai yang indah, Kota Makassar mempunyai sejumlah masjid yang mempunyai desain unik dan megah. Masjid di Makassar ini, bukan hanya menjadi tempat ibadah, namun juga destinasi wisata religi.

Bahkan, sebagian dari masjid di ibu kota Provinsi Sulawesi Selatan tersebut, sudah terkenal di Indonesia. Selain itu, beberapa diantaranya berada di kawasan wisata yang mudah diakses wisatawan.

Baca juga:

Jika berkunjung ke Kota Makassar, sempatkan diri untuk singgah di sejumlah masjid unik di Makassar.

Masjid di Makassar

Kompas.com merangkum masjid di Makassar sebagai berikut.

1. Masjid Terapung 

Masjid Terapung atau Masjid Amirul Mukminin, MakassarDok. https://direktoripariwisata.id Masjid Terapung atau Masjid Amirul Mukminin, Makassar

Masjid Terapung di Makassar mempunyai nama asli, yakni Masjid Amirul Mukminin. Sebutan Masjid Terapung lantaran bangunan masjid tampak terapung di atas Pantai Losari ditopang dengan tiang pancang.

Lokasi Masjid Terapung berada di Jalan Penghibur Nomor 289, Losari, Ujung Pandang, Kota Makassar.

Masjid Terapung Makassar ini, merupakan masjid terapung pertama di Indonesia. Selain bangunan yang megah dan unik, Masjid Terapung menawarkan panorama indah Pantai Losari.

Melansir dari Kompas.com (29/9/2018), masjid ini mulai dibangun pada 8 Mei 2009 lalu. Masjid yang dapat menampung hingga 500 jemaah, ini memiliki dua kubah serta menghadap ke lautan lepas.

2. Masjid 99 Kubah 

Masjid 99 Kubah di MakassarShutterstock/Sony Herdiana Masjid 99 Kubah di Makassar

Masjid 99 Kubah Makassar merupakan salah satu masjid unik di Indonesia yang sangat populer. Salah satu ikon Kota Makassar ini, berlokasi di kawasan reklamasi Pantai Losari atau dikenal sebagai Center Poin of Indonesia (CPI).

Masjid 99 Kubah berada dekat dengan Pantai Losari, Makassar sehingga menawarkan panorama yang indah. Pada sore hari, pengunjung bisa menyaksikan panorama sunset di Pantai Losari dari masjid ini.

Sesuai namanya, masjid ini memiliki 99 kubah, yang merupakan rancangan Ridwan Kamil, berdasarkan informasi dari Kompas.com (23/4/2022). Kubah berwarna cerah tersebut merupakan lambang Asmaul Husna, yakni 99 nama Allah SWT.

Baca juga:

3. Masjid Raya Makassar 

Masjid Raya MakassarShutterstock/Sony Herdiana Masjid Raya Makassar

Masjid Raya Makassar memiliki arsitektur bangunan megah bergaya Timur Tengah. Masjid yang mampu menampung hingga 50.000 jemaah ini berlokasi di Jalan Bulusaraung, Gaddong, Kecamatan Bontoala, Kota Makassar. 

Salah satu masjid terindah di Indonesia Timur ini, merupakan saksi sejarah perjuangan masyarakat Makassar melawan penjajah. Di balik kemegahannya, ternyata desain awal Masjid Raya Makassar cukup unik, yakni berbentuk menyerupai badan pesawat terbang, berdasarkan informasi dari situs Dunia Masjid. 

Daya tarik Masjid Raya Makassar adalah keberadaan Al Quran raksasa berukuran 1x1,5 meter persegi dengan berat 584 kilogram, seperti dikutip dari Kompas.com (28/5/2017). Seperti Al Quran pada umumnya, tulisan ayat-ayat suci itu berjumlah 6.666 ayat yang terangkum dalam 30 juz serta 605 lembar.

Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com