Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Januari 2024, Harga Tiket Masuk Louvre di Perancis Akan Naik 29 Persen

Kompas.com - 13/12/2023, 06:03 WIB
Ni Nyoman Wira Widyanti

Penulis

Sumber Reuters,Time

KOMPAS.com - Harga tiket masuk museum seni Louvre di Paris, Perancis, akan naik 29 persen mulai Januari 2024. Dengan demikian, tarifnya akan jadi 22 euro (sekitar Rp 370.000) dari yang sebelumnya 17 euro (sekitar Rp 286.000).

Dilansir dari Reuters, Selasa (12/12/2023), ini pertama kalinya museum seni tersebut menaikkan harga tiket masuknya sejak tahun 2017. 

Baca juga: Perancis Akan Batalkan Lebih dari 16.000 Penerbangan pada 2024

Peningkatan tarif ini membantu menangani biaya listrik yang lebih tinggi dan pembebasan biaya masuk untuk kalangan tertentu, antara lain pengunjung berusia di bawah 18 tahun, guru, dan jurnalis.

Presiden Museum Louvre, Laurence des Cars menyampaikan, kenaikan tarif merupakan bagian dari proyek besar guna membuat museum tempat lukisan Mona Lisa dipajang ini lebih menarik untuk masyarakat Paris. 

Dikutip dari Time, terkadang masyarakat Paris enggan mengunjungi museum tersebut akibat padatnya wisatawan yang berkunjung.

Baca juga:

Terjadi menjelang Olimpiade Musim Panas 2024

Ilustrasi lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci di Louvre di Paris, Perancis.Dok. Unsplash/The Free Birds Ilustrasi lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci di Louvre di Paris, Perancis.

Meski pihak Louvre tidak menyebut bahwa kenaikan tarif ini berhubungan dengan Olimpiade 2024 di Paris, namun kenaikan tarif tersebut bertepatan dengan kenaikan sejumlah biaya lainnya di Paris sembari kota ini bersiap menjadi tuan rumah ajang olahraga musim panas itu.

Adapun Olimpiade Musim Panas 2024 di Paris akan diadakan mulai Juli 2024, tepatnya Jumat (26/7/2024). Tarif kereta metro di Paris juga naik hampir dua kali lipat selama ajang olahraga internasional tersebut. 

Tidak hanya itu, tarif menginap di hotel juga akan meningkat lebih dari 300 persen antara musim panas 2023 dan musim panas 2024.

Baca juga: Paris Akan Naikkan Pajak Turis hingga 200 Persen mulai 2024

Untuk diketahui, Louvre merupakan salah satu museum yang paling banyak dikunjungi di dunia. Pada tahun 2022, tercatat ada 7,8 juta kunjungan ke museum seni itu, atau meningkat 170 persen dibanding tahun 2021.

Selain Mona Lisa karya Leonardo da Vinci, beberapa karya seni tersohor lainnya yang dipajang di museum ini, antara lain Saint John de Baptist karya Leonardo da Vinci dan Venus de Milo karya Alexandros of Antioch. 

Baca juga:

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com