Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

4 Pilihan Transportasi di Selandia Baru, Jalur Darat dan Laut

Kompas.com - 14/12/2023, 09:09 WIB
Suci Wulandari Putri Chaniago,
Anggara Wikan Prasetya

Tim Redaksi

KOMPAS.com - Penting untuk mengetahui jenis transportasi yang akan dipilih untuk berwisata di Selandia Baru .

Melansir dari informasi resmi New Zealand Tourism yang Kompas.com terima pada Rabu (13/12/2023), pilihan transportasi di Selandia Baru bergantung pada waktu dan tujuan perjalanan.

Wisatawan bisa mencoba transportasi jalur darat dan laut di Selandia baru. Baik dengan cara berkendara sendiri ataupun naik transportasi umum.

Pilihan transportasi di Selandia Baru

Lantas, apa saja pilihan transportasi di Selandia Baru?

1. Sewa kendaraan bermotor

Jika hendak berkeliling ke berbagai tempat di Selandia Baru, wisatawan disarankan menyewa kendaran. Pilihan pertama ada crose motorhome (sejenis campervan), yang bisa memberikan pengalaman seru berkeliling sembari menikmati pemandangan.

Beberapa menara sutet yang terdapat di Wellington, New Zealand.Kompasianer Bergman Siahaan Beberapa menara sutet yang terdapat di Wellington, New Zealand.

Pilihan lainnya yaitu menyewa sepeda motor ataupun sepeda untuk area tujuan yang sulit diakses menggunakan kendaraan roda empat.

2. Bus

Di Selandia Baru tersedia bus tur dengan pemandu, wisatawan bisa ikut tur sehari hingga perjalanan beberapa hari.

Baca juga: Syarat Perjalanan ke Selandia Baru 2024, Siapkan 5 Dokumen Ini

Selain itu ada pula jaringan bus nasional yang dapat ditumpangi untuk bepergian antarwilayah.

Beberapa kota besar di Selandia Baru seperti Auckland dan Christchurch juga punya fasilitas bus yang memungkinkan kamu bisa bebas naik dan turun bus sesuka hati (hop-on hop-off).

3. Kereta Api

Wisatawan yang bepergian di Selandia Baru dengan menumpangi kereta api tentu akan melihat pemandangan yang sering tidak terlihat di jalan raya.

Kota Wellington di Selandia Baru.Shutterstock Kota Wellington di Selandia Baru.

Di Selandia Baru ada tiga perjalanan kereta api wisata, di antaranya ada Northern Explorer, TranzAlpine, dan Coastal Pacific. Kereta api ini melintas antara Pulau Utara dan Pulau Selatan.

Baca juga: Little Ranch Sidomukti, Tempat Wisata ala Selandia Baru di Bandungan

Tidak hanya itu, ada pula layanan kereta api yang menghubungkan wilayah kota dan pinggiran kota di Wellington dan Auckland.

4. Kapal

Selain transportasi darat, ada pula transportasi laut yang memungkinkan wisatawan mengelilingi Selandia Baru.

Dermaga di Viaduct Harbour, Pelabuhan Kota Auckland, Selandia Baru, dipenuhi kapal-kapal laut yang parkir berikut dengan layarnya, Sabtu (7/5/2016). Suasana itu menyatu dengan suasana kota yang dipenuhi gedung bertingkat. KOMPAS/MADINA NUSRAT Dermaga di Viaduct Harbour, Pelabuhan Kota Auckland, Selandia Baru, dipenuhi kapal-kapal laut yang parkir berikut dengan layarnya, Sabtu (7/5/2016). Suasana itu menyatu dengan suasana kota yang dipenuhi gedung bertingkat.

Tersedia kapal feri dan taksi air (water taxi) yang menghubungkan Pulau Utara dan Pulau Selatan, melintas Selat Cook, Pulau Selatan, dan Pulau Stewart.

Baca juga: Alam Selandia Baru Indah karena Terapkan Pariwisata Berkelanjutan

Bila hendak menyusuri pulau-pulau terpencil, wisatawan juga bisa melakukan perjalanan dengan menumpangi kapal feri dan taksi air yang berukuran lebih kecil.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com