Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Cara Naik MRT di Bangkok, Pemula Wajib Tahu

Kompas.com - 15/12/2023, 07:11 WIB
Nabilla Tashandra

Editor

KOMPAS.com - Ibu kota Thailand, Bangkok, memiliki sejumlah pilihan transportasi umum yang dapat dimanfaatkan untuk menjelajahi kota. Salah satunya adalah Metropolitan Rapid Transit (MRT).

Tarif perjalanan MRT mulai dari 16 baht (sekitar Rp 7.000) untuk jarak satu stasiun. Tarif akan dikalkulasikan berdasarkan jarak tempuh dari stasiun keberangkatan hingga ketibaan.

Baca juga: 3 Perbedaan MRT dan BTS di Bangkok, Wajib Tahu

Jika berencana singgah di Bangkok dan memanfaatkan moda transportasi ini, berikut cara naik MRT di Bangkok yang dapat diterapkan oleh pemula.

Cara naik MRT di Bangkok

Suasana di Stasiun MRT Subway Wat Mangkon di Bangkok, Thailand, Senin (27/11/2023).KOMPAS.com/NABILLA TASHANDRA Suasana di Stasiun MRT Subway Wat Mangkon di Bangkok, Thailand, Senin (27/11/2023).

1. Cari tahu stasiun terdekat

Sebelumnya, cari tahu terlebih dahulu stasiun terdekat dari lokasimu. Kamu bisa mengeceknya melalui peta digital atau bertanya pada warga sekitar.

2. Membeli tiket

Membeli tiket di vending machine adalah cara paling populer dan praktis bagi turis.

Tiket MRT Bangkok berbentuk token. Tak perlu khawatir dengan keterbatasan bahasa. Sebab, vending machine di stasiun MRT menyeiakan opsi Bahasa Inggris agar lebih memudahkan.

Jadi, ketika hendak membeli tiket, pilih terlebih dahulu opsi Bahasa Inggris. Kemudian, pilih stasiun tujuan. 

Baca juga: Bandara di Bangkok Thailand Kini Terapkan Gate Otomatis untuk WNA

Vending machine akan secara otomatis mengkalkulasi tarif perjalanan kita. Setelah itu, lakukan pembayaran dengan memasukkan koin atau uang kertas ke dalam mesin sesuai jumlah tarif yang tertera pada layar.

Tiket berupa token akan keluar dari mesin. Jika ada kelebihan uang, vending machine akan memberikan kembaliannya.

3. Masuk gate MRT

Baik menggunakan kartu MRT maupun tiket sekali jalan berupa token, cara masuknya sama sama, yakni dengan melakukan tap pada gate.

Tiket sekali jalan (one-way trip) MRT Subway di Bangkok, Thailand.SHUTTERSTOCK/MAXPIX Tiket sekali jalan (one-way trip) MRT Subway di Bangkok, Thailand.

Setelah itu, gate akan terbuka. Jangan sampai token tersebut hilang karena kamu memerlukannya untuk keluar dari stasiun.

4. Perhatikan tanda untuk mengetahui jalur

Perhatikan papan-papan penanda yang ada di sekitar untuk mengetahui jalur mana yang harus kita pilih untuk menuju ke destinasi.

Semua papan penanda menyertakan huruf latin, sehingga mudah dipahami. Namun, tidak semua stasiun tujuan akan tercantum pada papan yang digantung tersebut.

Baca juga: Belanja di Thailand Bisa Pakai QRIS, Ini Caranya

Untuk mengetahui jalur yang tepat, kita bisa melihat peta MRT baik yang tersedia di stasiun maupun yang dapat diakses melalui internet.

Pastikan kita memilih jalur sesuai arah destinasi yang dituju.

 
 
 
View this post on Instagram
 
 
 

A post shared by Kompas Travel (@kompas.travel)

Halaman Berikutnya
Halaman:
Video rekomendasi
Video lainnya


Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com