Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taman Botani Baturraden: Harga Tiket, Jam Buka, dan Daya Tarik 

Kompas.com - 17/12/2023, 18:40 WIB
Ulfa Arieza

Penulis

KOMPAS.com - Kecamatan Baturraden merupakan kawasan wisata di kaki Gunung Slamet yang berada di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. Salah satu destinasi populer di Baturraden adalah Taman Botani Baturraden

Sesuai namanya, Taman Botani Baturraden memiliki koleksi beragam tanaman hias. Sembari menikmati beragam koleksi yang indah, pengunjung bisa menambah pengetahun mengenai aneka  flora. 

Baca juga:

Jika ingin berkunjung, lokasi Taman Botani Baturraden berada di Dusun II Karangmangu, Karangmangu, Kecamatan Baturaden, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah. 

Sebelum berkunjung, simak dulu informasi daya tarik, harga tiket, dan jam buka Taman Botani Baturraden berikut ini. 

Daya tarik Taman Botani Baturraden 

Taman Botani Baturraden, Banyumas, Jawa TengahShutterstock/Vectordidak Taman Botani Baturraden, Banyumas, Jawa Tengah

Taman Botani Baturraden memiliki koleksi sekitar 700 tanaman, dikutip dari Kompas.com (18/9/2023). Koleksi tanaman tersebut seperti anggrek, kaktus, bonsai, pohon pule, dan sebagainya. 

Menariknya, setiap tanaman tersebut, memiliki kode QR di papan informasi sehingga pengunjung bisa mengetahui informasi seputar tanaman. Meliputi, nama, asal tanaman, karakter, dan fungsinya. 

Taman Botani Baturraden memiliki empat greenhouse, yang menjadi tempat tanaman anggrek, kaktus, bonsai, dan bromelia, dikutip dari situs Dinas Pariwisata Kabupaten Banyumas

Uniknya, ada sejumlah koleksi tanaman hias yang dibentuk karakter lucu seperti beruang raksasa. Taman Botani Baturraden juga menawarkan beragam spot foto menarik maupun tempat bersantai untuk menikmati alam.

Bagi wisatawan yang berkunjung ke Taman Botani Baturraden, tersedia homestay. Selain itum Taman Botani Baturraden juga memiliki area perkemahan. 

Baca juga:

Harga tiket Taman Botani Baturraden 

Replika beruang berukuran besar yang terbuat dari tanaman kucai (Allium tuberosum) yang menjadi ikon Taman Botani Baturraden, Kabupaten Banyumas.Dok. ANTARA/Sumarwoto Replika beruang berukuran besar yang terbuat dari tanaman kucai (Allium tuberosum) yang menjadi ikon Taman Botani Baturraden, Kabupaten Banyumas.

Harga tiket masuk untuk Taman Botani Baturraden cukup ramah kantong. yakni Rp 15.000 pada Senin-Jumat (weekday) dan Rp 20.000 pada Sabtu-Minggu (weekend). 

Jam buka Taman Botani Baturraden 

Obyek wisata ini buka setiap hari. Jam buka Taman Botani Baturraden mulai dari pukul 09.00 WIB hingga 22.00 WIB. 

 
 
 
 
 
Lihat postingan ini di Instagram
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

Sebuah kiriman dibagikan oleh Kompas Travel (@kompas.travel)

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com